Tips cepat skripsi

Sekedar beberapa tips pribadi supaya skripsi cepat beres. Dengan cara-cara ini alhamdulillah, dengan izin Allah skripsi saya bisa dikerjakan dalam waktu sekitar 3 bulan.

Fokus

Jadikan skripsi sebagai pekerjaan utama, bukan sampingan atau paruh waktu. Lebih untung lagi kalau di semester akhir sudah tidak ada kuliah lagi, sehingga bisa lebih terarah. Di semester ini, saya sengaja tidak mencari kesibukan lain selain jadi asisten praktikum. Segala organisasi, panitia, pekerjaan, dan yang lainnya (kalau ada) sengaja disingkirkan.

Kerjakan setiap hari

Istirahat atau refreshing beberapa hari tentu boleh, tapi jangan sampai lebih dari satu minggu. Bahkan kalau perlu hari Sabtu dan Minggu tetap dikerjakan, dari pagi sampai malam. Biar saja dibilang yang nggak-nggak oleh orang lain.

Sering bertemu pembimbing

Paling tidak seminggu satu kali, bertemu dengan pembimbing untuk konsultasi dan melaporkan progress. Kalau setiap hari dikerjakan, tentu akan selalu ada progress.

Cari topik yang sudah dipahami

Sebisa mungkin, jangan mencari topik penelitian yang baru akan dipelajari saat penelitian. Saya sendiri mengambil topik yang tidak terlalu rumit dan sudah ada pengetahuan tentangnya, sehingga saat dikerjakan tinggal menerapkan saja apa yang sudah dipahami.

Cari topik yang sumber datanya mudah didapat

Jangan mencari topik yang untuk mencari datanya saja memakan waktu lama. Nanti waktu penelitian akan habis hanya untuk mengumpulkan data saja. Data yang saya gunakan untungnya tersedia di internet, dan data lainnya didapat dari kuesioner yang juga disebar di internet.

Barangkali itu saja. Alhasil, walaupun selama pengerjaan (2 – 3 bulan) seperti orang autistik antisosial yang setiap hari di depan komputer terus, alhamdulillah kan setelah waktu tersebut bisa bebas sebebas-bebasnya. Bersakit dahulu, bersenang kemudian.