Sidang tugas akhir

Tanggal 29 Maret kemarin, hari Kamis, telah dilaksanakan ujian sidang tugas akhir saya. Alhamdulillah, lulus dengan sedikit perbaikan pada naskah tulisan skripsi. Jadi, jaraknya tepat seminggu sejak seminar, pada hari dan jam yang sama.

Dalam bayangan saya, sidang tugas akhir itu mencekam, berat, dan sebagainya. Ternyata tidak sepenuhnya begitu, karena alhamdulillah ternyata lebih ringan dari yang dibayangkan dan tidak terlalu lama (sekitar 1,5 jam). Pertanyaan dari penguji memang ke arah konsep, mempertanyakan alasan penggunaan metode dan sebagainya, tapi tidak “menusuk” seperti yang dibayangkan. Dan untungnya, pembimbing pun ikut membantu menjawab, yaitu meluruskan jawaban saya yang terkadang kurang jelas. Dan pada akhirnya, saya dinyatakan lulus :)

Late report. Karena banyak kejadian takterduga kemarin. Di antaranya ada salah seorang adik kelas satu jurusan, rahimahallah, yang meninggal akibat kecelakaan. Selain itu, ternyata dosen pembimbing saya malam harinya setelah sidang juga mengalami kecelakaan dan mengalami cedera sehingga masih dirawat di rumah sakit. Syafahullah.