Partner Microsoft

Teman saya adalah seorang MSP (Microsoft Student Partner), yaitu semacam “agen” Microsoft dari kalangan mahasiswa. Tugasnya adalah memberikan pelatihan dan sebagainya tentang produk-produk Microsoft, sekaligus “perpanjangan tangan” marketing Microsoft.

Menjadi seorang MSP adalah suatu keuntungan sangat besar baginya, seperti keuntungan finansial dan kesempatan berkarya. Kesana-kemari memberikan pelatihan, membuat sesuatu dengan produk Microsoft, menawarkan beragam hadiah dari Microsoft, dan sebagainya. Dan sepertinya sudah ada semacam jaminan kerja di Microsoft.

Kalau saya sendiri, entah mengapa tidak terlalu tertarik dengan semua itu. Mungkin karena minat utama adalah ke akademik. Walaupun saat SMA dulu termasuk fans dan punya keinginan untuk bekerja di Microsoft, entah kenapa saat masuk jurusan Ilmu Komputer justru keinginan itu hilang sama sekali.

Barangkali mungkin karena setelah mempelajari lebih jauh, saya justru tidak suka dengan cara bisnis Microsoft yang dari dulu terkenal monopoli.

Btw, cara marketing Microsoft memang menarik. Mungkin beberapa bisa ditiru dan dijadikan ide marketing :

  1. Mereka menggaet para MSP sebagai agen pemasaran untuk pasar potensial yang tidak perlu dibayar
  2. Mereka menggaet para mahasiswa Ilmu Komputer (pasar yang sangat potensial) dengan memberikan pelatihan dengan produk mereka, yang secara otomatis para mahasiswa itu akan sangat bergantung pada produk mereka
  3. Mereka membuat perlombaan internasional (Imagine Cup) yang wajib menggunakan produk mereka

* Random thinking