Google Tashkeel dan Ta’reeb

Ternyata Google punya sekumpulan tools yang cukup canggih untuk membantu kita dalam berbahasa Arab. Salah satu duanya adalah Google Tashkeel dan Google Ta’reeb.

Google Tashkeel ada pada alamat http://tashkeel.googlelabs.com/. Gunanya adalah untuk membantu memberi harokat pada huruf Arab “gundul”. Jadi kita cukup mengetikkan huruf-huruf Arab saja, nanti Google yang akan memberi harokat secara otomatis. Mungkin yang cukup sulit adalah dalam mengetikkan huruf-huruf Arab, kecuali kita punya keyboard yang bisa mengetik tulisan Arab atau huruf hijaiyyah.

Nah, untuk membantu mengetik tulisan Arab, ada yang namanya Google Ta’reeb. Nama resminya adalah Google Transliterate (beda dengan Google Translate). Google Ta’reeb ada pada alamat http://www.google.com/ta3reeb/. Sesuai namanya, web ini dapat membantu kita melakukan transliterasi dari tulisan latin menjadi tulisan Arab (sebenarnya bukan cuma Arab saja, masih banyak yang lain). Jadi kita cukup mengetikkan “ramadhan” misalnya, maka nanti Google akan mengubahnya menjadi رمضان  secara otomatis. Sangat membantu bagi mereka yang tidak punya keyboard yang bisa mengetik tulisan Arab.

Namun tidak semuanya tepat 100%, oleh karena itu diperlukan juga pengetahuan dasar mengenai bahasa Arab. Oh iya, mungkin satu lagi layanan Google yang bisa membantu kita belajar bahasa Arab. Apa lagi kalau bukan Google Translate, untuk membantu menerjemahkan :)

Iklan