Kajian Web Usability RCgue.com – Overview

Sebelum membahas dari setiap tipe user, pada tulisan ini akan dibahas secara garis besar mengenai antarmuka website RCgue.com ini. RCgue.com menggunakan layout 3 kolom, dengan konten utama di bagian tengah, serta sidebar di sisi kiri dan kanan.

Pada bagian atas terdapat header yang berisi logo website beserta tagline yang bertaut ke halaman utama, serta status shopping cart bila kita sudah menambahkan produk ke shopping cart. Di bawah header terdapat bilah navigasi yang cukup jelas yang menuju ke halaman ketentuan dan syarat, tentang kami, dan cara berbelanja. Terdapat pula tampilan scrolling slideshow dari produk-produk yang tersedia. Sayangnya, sepertinya website ini menampilkan seluruh produknya dalam tampilan slideshow ini, sehingga seolah-olah slideshow-nya “tanpa akhir” karena terlalu banyak. Terlebih lagi, slideshow tidak berhenti (tetap otomatis bergulir) meskipun mouse kita dekatkan ke salah satu produk yang ada di slideshow ini sehingga cukup mengganggu.

Hal lain yang cukup aneh dari slideshow ini adalah pada tombol navigasinya. Terdapat dua buah tombol navigasi kiri-kanan. Namun ketika tombol kanan diklik, slideshow justru ikut bergeser ke kanan, padahal untuk sistem scrolling seperti ini seharusnya berkebalikan. Begitu pula sebaliknya bila tombol kiri diklik, slideshow justru ikut bergeser ke arah kiri.

Pada bagian sidebar kiri terdapat link-link navigasi yang persis seperti pada bagian atas. Sebenarnya hal ini tidak diperlukan karena hanya bersifat duplikat. Terdapat pula link untuk setiap kategori produk bila user ingin melihat produk berdasarkan kategori atau merek, serta statistik jumlah pengunjung. Pada bagian sidebar kanan terdapat form untuk login beserta link untuk registrasi, informasi kontak, status bantuan chat online, serta logo dari bank yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Pada bagian footer, terdapat satu link yang unik, yaitu link ke halaman kontak. Link ke halaman kontak ini hanya ada di footer sehingga kurang aksesibel karena footer termasuk bagian yang jarang dilihat. Selain itu, terdapat opsi untuk mengubah warna template dari website.