Kajian Web Usability RCgue.com – Evaluator

Daftar isi

User dengan tipe Evaluator, menurut Chak (2002), adalah user yang sudah memiliki informasi dasar mengenai suatu website dan ingin melihat lebih detail. Ia sudah melakukan beberapa eksplorasi untuk membantunya mengambil keputusan. Ia memiliki beberapa kriteria dan ingin melihat detail dari suatu produk yang ditawarkan di website itu. User tipe ini satu tingkat lebih tinggi dari tipe Browser.

Pada website RCgue.com, di bagian tengah (konten) terdapat daftar produk secara acak, dan ditampilkan sebanyak 8 produk. Pada setiap produk, terdapat nama produk, foto produk, harga beserta potongannya (bila ada), serta tombol “Add to cart” untuk menambahkannya ke shopping cart bila ingin memesan. Namun pada beberapa produk tombol “Add to cart” ini tidak ada, contohnya pada produk “Toyota Yaris” seperti pada gambar di bawah ini (ditandai warna merah). Tidak dijelaskan kenapa tombol itu tidak ada, sehingga cukup membingungkan.

Hal yang sangat mengganggu adalah, bahwa daftar produk acak selalu ada di setiap halaman, dan selalu ada di bagian atas, sehingga semua konten, baik itu detail produk, daftar produk berdasarkan kategori, shopping cart, sampai checkout pun selalu ada di bagian bawah, sehingga perlu scrolling yang cukup jauh. Hal ini tentunya sangat merepotkan, bahkan user yang tidak sadar bisa langsung meninggalkan website ini karena merasa halamannya “tidak berpindah”.

User juga dapat melihat daftar produk berdasarkan merek atau kategori tertentu, misalnya Cars, Aeroplanes, Apparels, dan sebagainya. Bila kita klik salah satu kategori, akan tampil daftar produk sesuai kategori yang dimaksud, tentu saja di bagian bawah sehingga perlu scrolling karena di atasnya ada daftar produk acak.

Pada daftar produk berdasarkan kategori terdapat opsi untuk mengurutkan produk berdasarkan nama, harga, atau update terakhir. Disediakan pagination karena produk yang ditawarkan cukup banyak. Ditampilkan pula “Featured product” dari kategori yang dimaksud. Pada bagian bawah, terdapat daftar produk yang baru saja kita lihat (semacam history), yang cukup membantu kita apabila ingin melihat kembali produk yang sebelumnya pernah kita lihat. Terdapat form beserta tombol “Add to cart” untuk langsung menambahkan sejumlah tertentu produk ini ke shopping cart.

Detail produk di website ini dapat dilihat dari beberapa jalan:

  • Melalui daftar produk acak seperti dikemukakan di atas,
  • Melalui slideshow daftar produk,
  • Melalui daftar produk pada kategori atau merek tertentu.

Pada detail produk, dijelaskan spesifikasi serta keunggulan dari produk. Foto produk hanya ada satu, namun dapat diklik untuk memperbesar. Tidak ada sistem review, rating, testimoni, maupun “recommended product”. Namun user dapat mengajukan pertanyaan mengenai produk melalui form inquiry yang disediakan. Terdapat form beserta tombol “Add to cart” untuk langsung menambahkan sejumlah tertentu produk ini ke shopping cart.

Tidak adanya review atau rating ini cukup menyulitkan user untuk memilih produk mana yang akan dipilihnya. Selain itu, tidak disediakan juga layanan untuk membandingkan produk, sehingga sulit mengetahui keunggulan atau kekurangan suatu produk dengan produk lainnya. Ditambah lagi, seperti telah disebutkan sebelumnya dari sisi Browser, bahwa tidak ada fasilitas pencarian produk, sehingga user harus mencarinya secara manual dengan menelusuri seluruh kategori sampai ditemukan produk yang dimaksud.

Secara keseluruhan, penulis memberikan rating 2/5 untuk sisi Evaluator.

Iklan