Kajian Web Usability RCgue.com – Customer

User tipe Customer, menurut Chak (2002), adalah user yang sudah pernah bertransaksi dan sudah beberapa kali bertransaksi. Ia adalah member yang memiliki hak akses tertentu atas website. Ia harus bisa mengetahui status dari pesanan yang sudah pernah dipesannya. User tipe ini tentu saja termasuk Transactor, tapi sudah cukup “berpengalaman” dalam melakukan belanja di website itu.

Pada website RCgue.com, terdapat fasilitas bagi user untuk registrasi dan login (bahkan wajib bila ingin bertransaksi). Pada bagian kanan website terdapat form login yang terlihat jelas. Misalkan user sudah melakukan registrasi sebelumnya dan hendak login, maka user mengisikan username dan passwordnya pada form login itu. Setelah login, maka form login akan berubah menjadi sapaan selamat datang, dan sebuah tombol logout.

Namun ada satu hal sangat penting yang “hilang” setelah login: halaman khusus user. Ya, tidak ada link sama sekali menuju halaman akun atau halaman khusus bagi user yang login. Bahkan mungkin tidak ada cara untuk sekedar mengubah biodata apalagi melihat detail dan riwayat pemesanan.

Setelah diusut, ternyata link menuju halaman detail pemesanan hanya diberikan di e-mail yang dikirimkan saat user melakukan pesanan. Barulah ketika halaman detail pesanan itu dibuka, terdapat link menuju halaman akun user. Benar-benar tersembunyi (penyembunyian yang tidak perlu). Bisa disimpulkan, bahwa jika user hanya registrasi dan tidak pernah memesan, maka ia tidak akan bisa mengakses halaman akunnya sama sekali karena tidak diberikan link menuju ke sana. User akan tersesat dengan mudah dengan cara seperti ini.

Link "Account Maintenance" seperti di gambar hanya muncul jika user mengklik link yang ada di e-mail receipt

 

Halaman akun cukup sederhana, hanya berisi link untuk mengubah biodata, alamat pengiriman, serta daftar riwayat pesanan. Pada daftar riwayat pesanan, setiap pesanan dapat diklik untuk melihat detailnya (seperti alamat pengiriman, produk yang dipesan, status pengiriman, dan sebagainya).

Di balik itu semua, dengan menjadi member, akan sedikit memudahkan ketika akan melakukan pemesanan selanjutnya, karena user tidak perlu lagi mengisikan biodata dan alamat pemesanan. Selebihnya, tidak ada keuntungan lain dengan menjadi member (karena memang wajib menjadi member jika ingin melakukan pemesanan).

Dari sisi interaksi dengan customer, website ini tidak menyediakan tempat untuk memberikan kritik dan saran, atau testimoni, atau sekedar komplain, sehingga customer bila ingin berhubungan dengan website harus secara personal melalui jalur telepon atau e-mail. Hal ini kurang memudahkan customer dalam berhubungan dengan penjual.

Secara keseluruhan, penulis memberikan rating 1/5 untuk sisi Customer.

Iklan