Kajian Web Usability RCgue.com – Browser

User dengan tipe Browser, menurut Chak (2002), adalah orang yang baru pertama kali mengunjungi website itu. Ia belum memiliki pengetahuan apapun tentang website itu. Ia membutuhkan bantuan untuk mengetahui “Dari mana saya harus memulai“. Website yang baik harus mampu mengakomodasi tipe user ini, yang dapat membimbing user baru dalam menjelajah.

Pada website RCgue.com ini, dengan melihat logo dan tagline website (“Indonesia RC Webstore”), pengunjung yang baru pertama berkunjung sudah dapat melihat bahwa website ini adalah website yang menjual produk-produk RC model, ditambah lagi dengan gambar-gambar produk yang dipajang beserta artikel-artikel mengenai RC.

Untuk memudahkan pengunjung yang baru pertama kali berkunjung, terdapat halaman “Cara Berbelanja” yang berisi panduan langkah-langkah berbelanja secara online di website ini. Selain itu, terdapat halaman syarat dan ketentuan untuk berbelanja, serta halaman “Tentang Kami” yang berisi penjelasan singkat mengenai website ini.

Pada sisi kanan, terdapat keterangan informasi kontak yang dapat dihubungi beserta alamat e-mail, serta bantuan chat online. Bantuan chat online ini sebenarnya berupa status chat Yahoo! Messenger dari pemilik website. Pada bagian bawah terdapat logo Bank BCA dan BNI, namun tidak dijelaskan apa maksud logo kedua bank itu.

Namun ada satu halaman yang cukup aneh, yaitu halaman “Tarif Kirim”. Halaman itu hanya berisi penjelasan bahwa RCgue.com menggunakan jasa JNE untuk pengiriman, namun tidak menyediakan berapa tarif kirim yang ditawarkan. Jadi, halaman ini cukup “menipu” karena judulnya tidak sesuai dengan isinya.

Semua fitur di atas cukup memudahkan bagi pengunjung pertama yang sekedar ingin mengetahui tentang website ini, termasuk disediakannya navigasi dengan model breadcrumb.

Di balik itu semua, terdapat kesalahan yang cukup fatal, yaitu pada fitur pencarian. Pada sisi kiri terdapat form pencarian dengan label “Cari”. User berharap jika ia mencari sesuatu, maka akan tampil hasil pencarian baik artikel maupun produk (karena scope-nya global berdasarkan label pada form). Tetapi yang terjadi adalah, saat kita mengetikkan kata kunci pencarian dan men-submit pencarian, yang dicari hanyalah artikel saja, bukan produk. Bahkan tidak ada fitur pencarian produk sama sekali. Seharusnya website ini lebih “jujur” dengan memberi label pencarian dengan “Cari artikel” agar jelas scope pencariannya. Misalkan kita ingin mencari RC model untuk “Avanza”, maka yang tampil di halaman pencarian hanyalah artikel mengenai Avanza, bukan produk yang diinginkan.


Secara keseluruhan, penulis memberikan rating 4/5 untuk sisi Browser.

Iklan