Tahapan loading halaman web

Jika kita menggunakan browser Mozilla Firefox, biasanya akan tampak tahapan loading halaman web yang terlihat pada bagian statusbar jendela browser itu (biasanya di kiri bawah. Namun, pernahkah Anda memerhatikan tahapan-tahapan itu? Mungkin suatu kali Anda melihat tulisan “Connecting”, “Waiting”, “Transferring data”, dan sebagainya. Ya, itulah tahapan loading halaman yang ditampilkan Firefox. Bila dirinci, seperti inilah tahapan-tahapannya (sejauh yang saya tahu) :

1. Looking up …

Pada tahapan ini, sang browser sedang berusaha me-resolve alamat ya ng kita ketikkan dengan menghubungi DNS. Maksudnya adalah menerjemahkan dari alamat yang biasa kita gunakan (misalnya http://www.google.com) menjadi alamat IP dari Google itu (misalnya 72.14.254.104). Hal ini memang harus dilakukan, karena hanya alamat dengan angka (IP address) inilah yang bisa diterjemahkan oleh komputer untuk menghubungi Google.

Kegagalan pada proses “Looking up …” ini biasanya disebabkan oleh DNS yang bermasalah, atau karena memang alamat yang Anda ketikkan salah.

2. Connecting to …

Setelah proses “Looking up …” selesai dilaksanakan, tugas selanjutnya adalah menghubungi server tujuan. Tahapan ini ditandai dengan munculnya “Connecting to …” di status bar Firefox. Pada tahap ini, browser sedang menghubungi server tujuan untuk meminta halaman yang kita inginkan (misalnya homepage Google).

Kegagalan pada tahapan ini biasanya disebabkan server yang hendak kita hubungi sedang tidak menyala (down), baik karena memang mati atau sedang kelebihan beban.

3. Waiting for …

Setelah server sukses dihubungi (yang berarti servernya aktif dan siap menerima pesanan), tahap selanjutnya adalah memesan kemudian menunggu. Ya, browser memang menunggu pesanannya selesai, dalam artian menunggu halaman web yang kita inginkan itu diproses oleh server dan dikirimkan kembali ke browser. Mungkin saat inilah yang paling membosankan bagi si Firefox :)

Kegagalan pada saat menunggu ini biasanya ditandai dengan “request timed out”, yang berarti si browser sudah habis kesabarannya dalam menunggu hasil kiriman halaman web dari server. Kegagalan ini bisa disebabkan karena server sudah mati duluan sebelum sempat mengiriman pesanan browser.

4. Transferring data from …

Setelah server selesai memproses pesanan browser, maka tentu saja pesanan itu (yang berupa halaman web, plus gambar-gambar atau video, JavaScript, dan sebagainya) harus dikirimkan kembali ke browser. Proses pengiriman ini tentu saja membutuhkan waktu, apalagi jika data yang dikirimkan cukup banyak. Pada tahapan inilah sang browser menerima semua hasil pesanannya dari server, untuk ditampilkan ke user jika sudah selesai.

Kegagalan pada tahap ini biasanya disebabkan karena koneksi jaringan yang bermasalah atau terlalu lambat, yang bisa juga berujung ke “time out” atau tidak tampil apapun di browser.

5. Done

Akhirnya selesai juga :).

Ya, pada tahap terakhir ini, semua konten halaman web yang kita pesan sudah selesai dikirimkan dan sudah diterima dan diproses oleh browser. Pesanan selesai, dan koneksi ke server pun diputus (kecuali jika memang dirancang untuk terus berhubungan, misalnya aplikasi chatting). Dan akhirnya semuanya hidup bahagia selamanya…

Jadi begitulah sedikit cerita mengenai apa yang sebenarnya terjadi saat kita mengetikkan alamat di browser sampai semuanya siap tersaji di layar monitor. Sebenarnya ini hanya gambaran kasar saja, proses yang terlibat di dalamnya jauh lebih kompleks, apalagi yang berhubungan dengan jaringan. Namun semoga ini cukup untuk memberi gambaran mengenai sedikit cara kerja internet yang kita gunakan sehari-hari.

Iklan