Ekspresi regular dalam UNIX

Bagi kami mahasiswa Ilmu Komputer, ada mata kuliah Teori Bahasa dan Otomata. Mata kuliah ini terkenal sangat abstrak dan terkesan tidak bermanfaat. Salah satu bahasannya adalah “ekspresi regular” (regular expression – regex). Regex sendiri adalah metode pencocokan suatu string atau kata terhadap suatu pola tertentu.

Nah, tahukah Anda? Bahwa ternyata regex itu sangat bermanfaat dalam pemrograman. Banyak program yang secara intensif menggunakan regex (saya sudah melihatnya sendiri). Regex yang digunakan dalam pemrograman tentunya tidak menggunakan notasi-notasi matematis seperti yang ada di kuliah, namun menggunakan sintaks regex yang disebut POSIX. POSIX sendiri adalah sintaks baku yang ada pada sistem UNIX (kalau zaman sekarang Linux). Terlebih, implementasi regex pada bahasa pemrograman kebanyakan mengacu pada aturan POSIX ini.

Ada aturan-aturan tersendiri dalam notasi POSIX, yang kelihatannya cukup rumit juga. Tapi, di balik segala kerumitan itu, tersimpan sesuatu yang benar-benar powerful (khas Linux :). Berikut ini salah satu materi regex dalam UNIX, yang dibuat oleh salah seorang kakak tingkat satu jurusan. Silakan didownload sesuka Anda…

https://abrari.files.wordpress.com/2010/06/ekspresi-regular-dalam-unix.pdf

Dan berikut link untuk belajar regex lebih jauh:

http://labkom.bl.ac.id/ftp/Asisten/sidik%2008/java/tutorial-regex-1.html