Cari berita terkini? Lewat Twitter saja!

Kalau kita hendak mencari berita-berita terbaru dengan cepat, biasanya akan mencarinya di situs-situs berita seperti Kompas.com atau yang lainnya. Namun, jika ingin yang benar-benar terbaru, cari saja di Twitter. Situs microblogging ini sudah seperti situs berita saja, walaupun memang berita yang disajikan berasal dari para penggunanya, bukan wartawan (citizen journalism). Ibaratnya berita-berita di Twitter ini seperti running text yang biasanya ada di televisi.

Memang, posting berita yang ada sangat singkat (karena memang hanya dibatasi 140 karakter). Namun yang paling penting adalah bahwa posting-posting tersebut sangat up to date (biasanya cuma berselang beberapa menit). Jadi misalnya kita mendengar kabar bahwa ada banjir di Bogor, bisa langsung mengunjungi Twitter, lalu cari tentang “bogor banjir”. Untuk sekedar mencari posting, kita tidak perlu registrasi terlebih dahulu. Hasil pencarian secara realtime pun akan langsung ditampilkan. Biasanya posting mengandung link ke berita yang lebih lengkap.

twitter search

Hasil pencarian realtime Twitter

Sebaiknya kita tidak hanya menjadi sekedar pembaca, namun juga turut berpartisipasi “melaporkan” apa yang sedang terjadi saat ini di sekitar kita. Sesuai tagline Twitter, Share and discover what’s happening right now, anywhere in the world. Untuk turut berpartisipasi, kita perlu registrasi terlebih dahulu. Jangan cuma jadi pemirsa, tapi jadilah wartawannya juga :)

Namun tidak semua posting di Twitter bernilai berita. Sebagian hanyalah curhat atau posting tidak jelas dari para penggunanya, mirip seperti status di Facebook. Maklum, situs ini selain sebagai situs microblogging juga difungsikan sebagai situs jejaring sosial untuk berkomunikasi antar anggotanya.

Jadi, ingin berita cepat, singkat, padat, tapi kadang nggak jelas? Buka Twitter, dan cari di sana.