Beberapa fakta tentang Opera Mini

Sebagai pengguna setia Opera Mini, berikut akan saya berikan beberapa hal (sedikit teknis) yang mungkin perlu diketahui tentang mobile browser hebat ini, berdasarkan pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang teknologi web yang ada di zaman ini.

Jadi, Opera Mini itu…

1. Menggunakan server transcoder

Halaman yang kita lihat, gambar-gambarnya, bahkan data username dan password kita tidak langsung menuju server web tujuan, melainkan harus melalui server transcoder Opera Mini dulu untuk diolah. Server transcoder ini bertindak sebagai perantara agar halaman web bisa ditampilkan dengan baik di HP, sekaligus kompresi. Pembahasannya pernah aku posting di sini.

2. Dukungan JavaScript terbatas

Opera Mini sebenarnya tidak mendukung JavaScript. JavaScript sendiri akan diolah di server transcoder, baru kemudian hasilnya dikirim ke HP. Jadi Opera Mini tidak mengeksekusi kode JavaScript, tetapi hanya menampilkan hasil eksekusi yang dilakukan di server transcoder itu. Begitu pula dukungan untuk AJAX. Jadi interaktifitas halaman web di Opera Mini sedikit berkurang.

3. Yang dikirim ke HP bukan HTML

Melainkan OBML, yaitu halaman web yang sudah diformat oleh server transcoder agar bisa dibaca oleh Opera Mini. Karena itu, jika kita menyimpan halaman web di Opera Mini, hasilnya adalah file OBML yang tidak bisa dibaca oleh browser di komputer.

4. Menggunakan alamat IP khas

Lagi-lagi, karena menggunakan server transcoder, maka jika kita mengunjungi suatu halaman web, yang tercatat oleh web itu adalah alamat IP dari server transcoder Opera Mini. Jadi, jika web itu punya pencatat alamat IP, akan terlihat bahwa Anda membukanya menggunakan Opera Mini.

5. Lebih cepat mengakses web luar negeri

Ya, karena server transcoder ini berada di luar negeri, maka situs web yang di-hosting di luar negeri akan lebih cepat diakses. Maka jangan heran jika ada situs web Indonesia yang lebih lama untuk dibuka di Opera Mini. Hal ini berkebalikan dengan akses dari komputer yang menggunakan ISP Indonesia.

6. Menggunakan mesin layout yang sama dengan Opera

Server transcoder Opera Mini menggunakan mesin layout yang sama dengan Opera desktop. Jadi hasilnya pun bisa jadi sebagus jika kita membukanya dari Opera di komputer. Inilah keunggulan terbesar dari Opera Mini dibanding browser mobile lainnya.

7. Kompresi yang menghemat pulsa

Tingkat kompresi halaman web sebelum dikirim ke HP cukup besar. Jadi perbedaan pemakaian pulsa untuk transfer data dibanding browser HP tanpa kompresi cukup signifikan. Namun Opera Mini terbaru (versi 5 beta) sepertinya tingkat kompresi datanya tidak sebesar versi 4. Jadi pemakaian pulsa untuk Opera Mini versi baru sedikit lebih banyak.

8. Server transcoder itu juga perlu biaya

Tentu saja, mereka juga sederetan komputer yang pasti butuh listrik dan lain-lain, dan biayanya sepertinya tidak sedikit. Untungnya, pihak Opera (yang notabene adalah sebuah perusahaan besar) memberikan pelayanan ini dengan gratis. Hal ini yang menyebabkan Opera Mini masih belum tersaingi oleh browser mobile lain.

Mungkin hanya itu saja. Silakan jika ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi.

Iklan