wxMaxima, software matematika handal

Bagi Anda yang menggeluti bidang matematika, ada sebuah software yang mungkin akan sangat membantu dalam memecahkan berbagai persoalan terkait aljabar. Software ini termasuk keluarga CAS (Computer Algebra System), atau sistem aljabar komputer. Dari namanya sudah jelas, bahwa kegunaan software jenis ini adalah untuk membantu perhitungan aljabar secara otomatis dengan bantuan komputer, alih-alih sekedar corat-coret di atas kertas.

Ada banyak software CAS yang beredar. Ada yang sangat terkenal (tapi juga sangat mahal) seperti Scientific WorkPlace, Mathematica, dan Maple, ada juga yang gratis bahkan open-source. Salah satu software CAS yang gratis dan open-source adalah Maxima. Namun, si Maxima ini hanyalah mesinnya. Artinya, tanpa GUI dan hanya berjalan di mode teks (command line).

Salah satu GUI Maxima yang sangat bagus adalah wxMaxima. Dengan wxMaxima, Anda tidak perlu terlalu banyak mengetik perintah-perintah untuk membuat suatu perhitungan, cukup dengan klik beberapa tombol. Namun, tidak semua fungsi yang disediakan oleh Maxima dapat dilakukan hanya dengan klik di wxMaxima ini. Kebanyakan fungsi “tersembunyi” dan masih perlu mengetik perintah secara manual. Mirip seperti programming sederhana.

Tampilan wxMaxima 0.8.1

wxMaxima dapat melakukan operasi-operasi antara lain:

  • Integral dan diferensial
  • Matriks: invers, determinan, perkalian, dsb
  • Penyederhanaan fungsi
  • Mencari akar suatu fungsi
  • Faktorisasi fungsi
  • Ekspansi fungsi
  • Limit
  • Pembuatan grafik (2D dan 3D)

Daftar di atas hanyalah sebagian kecil saja yang dapat dilakukan oleh Maxima. Fungsi-fungsi lain, yang ada dalam matematika “tingkat tinggi” juga dapat dilakukan olehnya. Begitu pula perhitungan bilangan-bilangan sangat besar dengan cepat. Output perhitungan dapat disimpan sebagai gambar maupun sebagai kode LaTeX untuk pemformatan lebih lanjut.

Dengan software CAS seperti ini, kita tidak perlu lagi repot-repot melakukan perhitungan secara manual selama berjam-jam. Cukup dengan input perintahnya, dan kemudian sang CAS akan segera menyajikan hasilnya untuk Anda. Cocok bagi para pelajar untuk mengecek kebenaran hasil perhitungan mereka, atau bagi mereka yang menginginkan solusi mudah tanpa harus corat-coret di atas kertas (yang juga belum tentu ketemu hasilnya).

wxMaxima untuk Windows dapat Anda download di sini. Sedangkan untuk Linux Ubuntu atau Debian dapat langsung Anda instal melalui repository dengan paket bernama “wxmaxima”.

Selamat menikmati matematika yang lebih mudah ^^

Iklan