Mari belajar PHP!

Di zaman serba internet seperti sekarang, seorang anak ilkom sebaiknya memiliki kemampuan web programming. Salah satu yang esensial adalah pemrograman server-side scripting seperti PHP (Php Hypertext Preprocessor). Memang, PHP bukan satu-satunya bahasa server-side scripting yang ada di muka bumi ini. Masih banyak bahasa lainnya seperti ASP, JSP, dan teman-temannya. Namun, salah satu yang paling populer adalah si PHP ini. Coba lihat, Fesbuk dan WordPress pun menggunakan PHP sebagai mesinnya. Nggak percaya? Coba lihat address bar browser Anda saat membuka Fesbuk, dan carilah huruf “php”.

Selain itu, dari nasihat seorang teman, di masa mendatang dunia IT akan semakin serba internet, dan web pun semakin berkembang ke generasi berikutnya. Prospek profesi di bidang per-web-an pun *katanya* semakin besar. Sebuah keuntungan bagi mereka yang memiliki kemampuan web programming.

Nah, sebelum memulai belajar PHP, kita sebaiknya (sebenernya harus) memiliki kemampuan dasar HTML terlebih dahulu. Sebabnya adalah karena script PHP yang kita buat itu akan ditanamkan ke dalam sebuah dokumen HTML, dan akan digunakan untuk membuat dokumen HTML pula. Kalau tidak, ibaratnya seperti kita hendak membuat program komputer, tetapi kita tidak mengerti cara menggunakan komputer itu sendiri. Jadi, sebelum memulai PHP, kita harus mengerti paling tidak dasar-dasar HTML.

Belajar PHP bisa dibilang tidak lengkap kalau tidak sekalian belajar database-nya. Database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. Karena itu, pelajaran PHP sering dibarengi dengan MySQL. Keduanya memang tak terpisahkan, walaupun MySQL bukanlah suatu kewajiban.

Ehm… Sebenarnya hal-hal yang saya sebutkan di atas hanyalah beberapa bagian dari kemampuan yang harus dimiliki dalam web programming. Masih banyak lagi yang lain, misalnya dalam hal client-side scripting yang didominasi oleh JavaScript, kemudian AJAX untuk menciptakan web yang interaktif, kemudian ini, kemudian itu, kemudian anu, dan seterusnya. Singkat kata, semua itu tidak mudah!

Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Makanya, mari (mulai) belajar PHP!