Bermain Bahasa C di Ubuntu Linux

text-x-cPada mata kuliah algoritma dan pemrograman, kami mendapat materi pemrograman dalam bahasa C. Untuk memprogram dalam bahasa C, kami tentunya membutuhkan sebuah editor untuk mengetik kode program serta kompiler untuk kompilasi kode program agar dapat dieksekusi.

Dosen kami merekomendasikan penggunaan software Bloodshed Dev-C++ sebagai editor dengan kompiler bawaannya. Bagi para pengguna Windows, mereka boleh berlega hati karena si Dev-C++ ini adalah program yang hanya berjalan di Windows. Bagi kami, para pengguna Linux yang terpinggirkan dan terasing, apalagi newbie seperti saya, mungkin agak sedikit kebingungan mencari penggantinya. Untunglah, ada seseorang yang baik hati dan bijaksana memberi tahu diriku cara bermain bahasa C di Linux, khususnya Ubuntu.

Pada dasarnya, kita tidak perlu kerepotan dalam masalah pemrograman di Linux. Setiap distribusi Linux, termasuk Ubuntu, sudah pasti dilengkapi dengan kompiler bahasa pemrograman, termasuk bahasa C. Alasannya adalah karena beberapa aplikasi untuk Linux hanya tersedia dalam bentuk kode programnya (ya, inilah open source) yang mewajibkan kita untuk meng-kompilasinya sendiri untuk menginstal aplikasi tersebut.

Karena kompilernya sudah ada dari bawaan, maka yang kita butuhkan selanjutnya adalah editor untuk mengetik kode programnya. Sebenarnya editor teks biasa sudah mencukupi untuk sekedar mengetik kode program. Namun, tentunya kurang nyaman, misalnya karena tidak adanya fitur syntax highlighting dan integrasi dengan kompiler dan linker. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi sebagai IDE (Integrated Development Environment) untuk memudahkan kita baik dalam proses mengetik kode program maupun kompilasinya.

Nah, pada Ubuntu, ada sebuah aplikasi yang sangat ringan dan sederhana, yaitu Geany. Geany ini adalah editor untuk beberapa bahasa pemrograman, namun lebih terfokus pada bahasa C dan C++. Untuk proses kompilasi programnya sendiri juga cukup mudah karena sudah langsung mengenali kompiler bawaan Linux dan hanya perlu mengeklik satu tombol (hampir mirip dengan Dev-C++). Kira-kira seperti ini penampakannya:

Tampilan Geany pada Ubuntu 9.04

Tampilan Geany pada Ubuntu 9.04

Aplikasi ini sudah tersedia dalam repository Ubuntu sehingga untuk menginstalnya cukup melalui Synaptic atau lewat terminal dengan perintah:

sudo apt-get install geany

Sayangnya, ada fitur yang tidak terdapat pada Geany, yaitu debugging program untuk men-trace proses eksekusinya. Namun, saya rasa untuk tahap pemrograman saat ini belum terlalu diperlukan.

Jika Anda menginginkan fitur yang lebih dari sebuah IDE, masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk bermain bahasa C di Ubuntu. Di antaranya yang cukup terkenal adalah Code::Blocks dan Anjuta. Keduanya memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dari Geany. Namun, rasanya terlalu kompleks kalau cuma untuk mata kuliah pemrograman tingkat dasar seperti ini. Tapi entahlah kalau ternyata memang diperlukan nantinya.

Lalu, apakah semua ini sudah ekuivalen dengan Dev-C++ pada Windows?

Berdasarkan penjelasan dari dosen, ternyata kompiler yang digunakan oleh Dev-C++ sama dengan yang terdapat pada Linux, yaitu GCC (GNU C Compiler/ GNU Compiler Collection). Sistem penilaian program (grader) juga menggunakan standar kompiler yang sama. Karena itu, insyaallah tidak ada masalah dalam hal kompatibilitas. Terlebih lagi, GCC ini satu keluarga dengan Linux. Jadi, bolehlah kami para pengguna Linux sedikit berbangga ^^