Main KRS online

Tulisan ini hanya sekedar iseng dan penuh hoax.
Read with your own risk.

Kami, para mahasiswa yang baru saja memasuki tahun kedua, sedang mendapatkan game online baru. Game ini bernama KRS online. Game ini khusus bagi mahasiswa IPB dan kami wajib untuk memainkannya jika ingin tetap melanjutkan kuliah. Game ini bertipe Real Time Strategy (RTS), mirip seperti Age of Empires. Namun, segala sesuatu dalam game ini nyata dan dapat memengaruhi kehidupan orang yang memainkannya. Game ini dikabarkan memiliki banyak masalah. Oleh karena itu, selalu diadakan uji coba sebelum dirilis di internet. Sayangnya, game ini hanya dapat dimainkan pada masa pergantian semester.

Cara memainkannya cukup sederhana. Seperti game RTS pada umumnya, pemain yang sebelumnya sudah memiliki negara (disebut mayor) harus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan keberadaannya di dunia perkuliahan. Anda harus memilih unit-unit tempur yang akan diperebutkan (disebut mata kuliah). Mata kuliah-mata kuliah ini unik bagi setiap mayor. Namun, Anda dapat memilih paket pasukan khusus dari mayor lain yang disebut minor. Minor ini memiliki tingkatan-tingkatan kepopuleran, di mana jika Anda tidak cepat-cepat mengakuisisinya, maka akan didahului oleh orang lain (karena jatah untuk memilikinya terbatas). Bagi Anda yang tidak ingin mengambil paket minor, Anda dapat mengakuisisi unit dari mayor lain yang disebut SC (Supporting Courses).

Jika Anda sudah berhasil mengakuisisi unit-unit yang Anda inginkan (baik dari mayor, minor, maupun SC) dan mampu mengalahkan pengguna lain dalam hal memperebutkan unit, maka Anda sudah dapat dikatakan menang. Selanjutnya Anda akan dikabari berapa jumlah dana yang harus Anda bayarkan dalam memainkan KRS online ini (dalam memilih unit, minor, SC, dan juga bergantung pada mayor Anda). Dana ini langsung diambil dari rekening Anda sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan cara membayarnya.

Berikut saya sediakan beberapa skrinsut game ini.

Halaman status KRS online

Halaman status KRS online

Halaman tempat memilih unit yang akan diakuisisi

Halaman tempat memilih unit yang akan diakuisisi

Proses membuat unit

Proses membuat unit

Lembar kemenangan Anda. Tercantum besar biaya yang harus Anda bayarkan.

Lembar kemenangan Anda. Tercantum besar biaya yang harus Anda bayarkan.

Tampilan game ini memang sangat minimalis. Hal ini dimaksudkan agar proses loading game ini menjadi cepat. Meski demikian, saat-saat puncak keramaian permainan tetap saja lambat.

Di samping segala kekurangan ini, game ini tetap menjadi game online paling ditunggu-tunggu oleh seluruh mahasiswa IPB (karena memang wajib). Mungkin akan mendatangkan pemasukan yang cukup besar seandainya game ini dikomersilkan…