Kenapa harus C?

Tidak, ane tidak sedang membahas nilai kuliah. C yang dimaksud di sini adalah bahasa pemrograman.

Sebentar lagi kami mahasiswa IPB yang telah lulus tahun pertama (TPB) dan melanjutkan ke jurusan Ilmu Komputer akan menghadapi mata kuliah pemrograman kami yang pertama. Mata kuliah mengenai algoritma dan pemrograman ini gosipnya menggunakan bahasa C sebagai bahasa pengantarnya. Maksudnya bukan sang dosen berbicara dalam bahasa C, tapi implementasi algoritmanya itu yang menggunakan bahasa C.

Terus, apa masalahnya kalau memakai C?

Menurut tutorial bahasa C yang saya baca, bahasa C tidak terlalu cocok untuk mereka yang baru belajar pemrograman disebabkan lumayan sulit dan kodenya cryptic alias tidak manusiawi :D Menurut Wikipedia pun hanya sedikit orang yang benar-benar ahli bahasa ini. Coba bayangkan, ketika pertama kali belajar pemrograman langsung disodorkan kode semacam ini:

#include <stdio.h>

int main(){

int i;

for(i=1; i<=5; i++){
	printf("%s%d%s", "Hello World ", i, "\n");
	}

}
&#91;/sourcecode&#93;

Itulah yang ane maksud tidak manusiawi alias jauh dari "bahasa manusia".

Menurut saya pribadi, untuk belajar pemrograman pertama kali sebaiknya menggunakan bahasa yang lebih manusiawi. Misalnya Pascal atau VisualBasic. Kode seperti ini <em>mungkin</em> lebih sederhana dan mudah dipahami bagi <em>newbie</em> (bahasa Pascal):


uses crt;

var
	i: integer;

begin
	for i:=1 to 5 do
	begin
		writeln("Hello World ", i);
	end
end

Terlihat lebih jelas sintaks yang digunakan karena cukup mendekati “bahasa manusia” dan tidak terdapat banyak simbol.

Namun, bahasa C cukup memiliki keuntungan mempelajarinya, di antaranya:

  • Pengantar ke bahasa C++ yang sangat luas penggunaanya, bahkan bisa untuk membuat OS (Linux dan Windows misalnya, CMIIW).
  • C++ sendiri adalah batu loncatan ke JavaScript dan PHP yang sekarang menjadi jantung dunia maya.

Ah, tetap saja bahasa C itu kelihatan sulit. Entah bagaimana nantinya. Semoga para dosen bisa mengajarkannya kepada kami semua, mengingat mata kuliah algoritma dan pemrograman adalah dasar yang penting bagi para Ilkomerz…

Jd, knp c hrs C?