Melihat Masa Lalu Situs Web

Kita yang hidup pada zaman ini ternyata masih bisa melihat “masa lalu” dari sebuah situs web. Masa lalu yang dimaksud disini adalah wujud situs web tersebut pada beberapa tahun silam. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana mungkin? Apakah menggunakan mesin waktu?

Ya, untuk melihat masa lalu situs-situs web tersebut memang menggunakan “mesin waktu”. Tapi mesin waktu ini bukan seperti yang ada di film-film atau yang sebagainya. Mesin waktu ini adalah sebuah situs web juga yang benar-benar nyata adanya.

Situs web “mesin waktu” ini adalah sebuah sistem pengarsipan yang menyimpan sebagian isi internet ke dalam databasenya. Agak berbeda dengan mesin pencari yang hanya mengindeks, mesin waktu ini benar-benar menyimpan salinan dari sebuah situs web sejak tahun 1996 (membuat arsip salinan). Jadi, isi dari Yahoo! dan Google beberapa tahun silam masih dapat dilihat dari situs ini.

Cukup basa-basinya, sekarang silakan kunjungi situs web yang dinamakan Wayback Machine ini di alamat http://web.archive.org/collections/web.html.

Tampilan Wayback Machine

Tampilan Wayback Machine

Pada halaman tersebut Anda cukup memasukkan alamat situs web yang ingin Anda lihat masa lalunya, misalnya masukkan http://www.yahoo.com. Kemudian klik “Take me back” atau tombol Enter pada keyboard. Maka Anda akan disuguhkan daftar yang diurutkan menurut tanggal. Kliklah salah satu tanggal tersebut untuk melihat arsip dari Yahoo! pada tanggal yang bersangkutan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua situs web diarsipkan oleh “mesin waktu” ini. Hanya situs-situs web yang penting dan terkenal, misalnya Google, Yahoo!, atau Microsoft yang akan diarsipkan. Jangan harap blog yang tidak berguna macam ini akan diarsipkan di sana.

Selain itu, fasilitas yang diberikan oleh situs tersebut, misalnya pencarian oleh Google tahun 1998 atau e-mail oleh Yahoo! pada tahun 1999 tidak akan berfungsi. Jadi, “mesin waktu” pengarsip ini hanya menyimpan halaman statis dari situs tersebut.

Anda dapat melihat beberapa contoh ini:

Kemudian bandingkan dengan situs-situs tersebut pada zaman ini…