Membalas Komentar Blog Lewat E-mail

Berdasarkan pemberitahuan dari para pengembang WordPress.com, kini para pengguna blog gratisan di WordPress.com dapat menikmati fitur baru, yaitu membalas komentar pada blog melalui e-mail. Fitur ini dirilis beberapa hari lalu setelah uji coba yang sudah dilakukan sejak lama. Dengan hadirnya fitur ini, kita tidak perlu repot-repot lagi masuk ke dashboard untuk membalas komentar dari para pengunjung.

Sekilas fitur ini tampak tidak terlalu berguna, toh kita akan lebih suka membalas langsung di blog. Namun, dengan hadirnya fitur ini kita tidak perlu repot-repot membuka browser hanya untuk sekedar membalas komentar. Anda cukup membuka mail client (misalnya Outlook atau Evolution) untuk membalas komentar.

Fitur ini bermanfaat pula bagi Anda yang memiliki handphone yang memiliki mail client tersendiri atau dengan kata lain mampu menerima dan mengirim e-mail langsung dari handphone. Terlebih jika e-mail Anda (yang digunakan untuk membuat blog) adalah e-mail dari Gmail. Anda dapat mendownload mail client khusus Gmail (Gmail mobile app), dan membalas komentar melalui aplikasi tersebut.

Begini ilustrasinya, misalnya Anda membuat posting di blog. Kemudian ada e-mail masuk dari WordPress.com yang memberitahukan bahwa tulisan Anda tersebut mendapat komentar baru. Anda cukup membalas e-mail dari WordPress.com tersebut (yang alamat e-mailnya panjang dan aneh) untuk membalas komentar yang masuk tersebut. Maka, komentar balasan tersebut akan segera ditampilkan di posting Anda. Mudah dan cepat.