USMI 2009 dan Generasi Penerus

Pengumuman USMI untuk tahun 2009/2010 sudah ada di website IPB! Dan hasilnya sangatlah mengejutkan (bagiku).

Bagi yang belum tahu, USMI adalah singkatan dari Undangan Seleksi Masuk IPB, yaitu jalur masuk ke IPB tanpa melalui tes, hanya dengan nilai rapor selama di SMA. Kebanyakan mahasiswa IPB (sekitar 70%) diterima lewat jalur non-tes ini. Jalur yang dengannya ane nyasar ke jurusan Computer Science di IPB. Jalur yang menjadi dasar motto IPB, mencari dan memberi yang terbaik.

Baiklah, kembali ke topik. Salah satu hal yang mengejutkan bagiku adalah ketika hendak mencari calon mahasiswa baru dari sekolah asalku, SMA Negeri 1 Kota Metro, Lampung. Ketika mencari pada situs web tersebut dengan keyword “Metro” alias kota asalku, inilah hasilnya:

USMI 2009 Kota Metro

USMI 2009 Kota Metro

Ya, dari SMA-ku, tidak ada yang lolos USMI 2009! Salah satu teman yang ane kabari spontan berkata, “Parah gila!

Ya, memang parah (dan gila juga, mungkin). Betapa tidak, sekolahku tersebut termasuk salah satu yang diunggulkan di Kota Metro. Tahun lalu dari situ ada tiga orang (termasuk saya) yang lolos masuk IPB lewat jalur USMI dari enam orang pendaftar. Tahun-tahun sebelumnya juga tidak ada yang tidak lolos lewat USMI.

Kemudian, dari Kota Metro sendiri hanya lolos tiga orang (lihat gambar). Padahal tahun lalu mencapai lebih dari sepuluh orang. Tahun ini memang sangat agak abnormal.

Apakah penyebabnya? Entahlah. Apakah karena mereka yang mendaftar tidak memiliki kriteria untuk masuk jurusan yang mereka tuju? Ataukah karena standar nilai yang dinaikkan? Ataukah karena konspirasi dan sentimen pihak-pihak tertentu? Ataukah karena ada kupu-kupu yang mengepakkan sayapnya? Ataukah ini? Ataukah itu? Ataukah ataukah? Pihak panitia USMI-lah yang lebih tahu.

Yang jelas, kini kami, alumnus SMAN 1 Metro terancam tidak memiliki keturunan generasi penerus. Satu-satunya harapan adalah dari jalur SNMPTN 2009 yang kemungkinan besar lebih sedikit persentase pendaftar yang diterima (berhubung mayoritas mahasiswa IPB adalah dari jalur non-tes).

Ya sudahlah.