Blogging dengan Windows Live Writer

Windows Live Writer adalah aplikasi desktop blogging client yang berfungsi untuk menulis tulisan untuk blog dan kemudian mem-publish-nya ke blog tersebut. Windows Live Writer (selanjutnya disebut WLW) hanyalah satu dari sekian banyak aplikasi untuk blogging, tetapi WLW adalah salah satu yang terbaik menurutku, gratis pula.

Windows Live Writer 

Sesuai dengan jenisnya, WLW adalah sebuah desktop blogging client. Artinya, kegiatan blogging (ngeblog) dapat dilakukan dari komputer Anda, bahkan saat Anda sedang tidak online. Maksudnya, Anda dapat menulis tulisan Anda dengan WLW saat offline, kemudian saat online barulah tulisan tersebut di-publish. Sangat cocok dan memudahkan terutama bagi kita yang tidak selalu online namun ingin terus aktif dan konsisten ngeblog. Seperti ini bentuknya (build 14).

Windows Live Writer

WLW dapat digunakan pada kebanyakan jenis blog saat ini. Menurut entri Wikipedia, blog yang didukung (dapat ditulis) oleh WLW antara lain:

  • Windows Live Spaces
  • Blogger (Blogspot)
  • LiveJournal
  • TypePad
  • WordPress
  • Dan sebagainya.

Sayangnya, tidak didapatkan bahwa Multiply didukung oleh WLW. Namun, siapa peduli, saya kan menggunakan WordPress :) Untuk WordPress, WLW bukan hanya dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan mempublish tulisan (posts), melainkan juga halaman (pages).

Salah satu keuntungan lain menggunakan WLW atau aplikasi blogging client lainnya adalah dalam penanganan gambar yang ingin kita masukkan dalam tulisan. Gambar yang kita masukkan dalam tulisan akan langsung di-upload oleh WLW ke server blog. Jadi, tidak perlu repot-repot mengupload secara manual. WLW yang akan melakukannya. Benar-benar memudahkan.

Fitur lain dari WLW yang menurutku cukup berguna antara lain:

1. Pembuatan tabel

No Blogging Client
1 Windows Live Writer
2 Post2Blog
3 BlogDesk
4 Microsoft Word 2007

2. Efek-efek gambar/foto

Efek bayanganEfek refleksi PhotopaperInstant Photo

Ya, ini otomatis dan Anda tidak perlu menambah efek secara manual dengan aplikasi pengolah gambar.

3. Dapat ditambah plugin

Puluhan plugin untuk WLW dapat Anda cari di Google.

4. Editor

Editor (tempat mengetik) pada WLW menyesuaikan diri dengan theme blog Anda, termasuk warna font, background, lebar bidang ketikan, dan lain-lain. Seolah-olah Anda sedang mengetik di atas blog Anda secara langsung.

WLW hanya tersedia untuk versi Windows, minimal Windows XP, dan membutuhkan NET Framework untuk menjalankannya. Bagi Anda pengguna Windows Vista, tidak perlu NET Framework lagi karena sudah terinstal dari sononya. Lain halnya jika Anda menggunakan Windows XP. Jika Anda belum memiliki NET Framework, download dari sini.

Tertarik? Aplikasi buatan Microsoft ini dapat Anda download pada link dibawah ini (dari softpedia):

download_button
Windows Live Writer

(Tulisan ini pun dibuat dan dipublish dengan Windows Live Writer)