Berburu Kontrakan

Masa TPB sebentar lagi akan berlalu, kira-kira 3 bulan lagi. Masa tinggal di asrama TPB pun sebentar lagi habis (senangnya…). Kini, tibalah saatnya bagi kami mahasiswa tingkat pertama untuk melakukan pencarian tempat tinggal untuk kehidupan selanjutnya. Kini kami harus berburu tempat tinggal, baik berupa kost-an, kontrakan, atau menumpang sebelum diusir dari asrama. Ya, pencarian ini kusebut berburu karena kami memang bersaing mendapatkan tempat tinggal yang paling menguntungkan.

Inilah salah satu keuntungan sistem wajib asrama pada tahun pertama. Jadi, kami memiliki waktu yang sangat panjang (hampir satu tahun) untuk mencari tempat tinggal idaman. Berbeda jika misalnya kita pada tahun pertama langsung berburu tempat tinggal. Mungkin waktu berburu tempat tinggal hanya semingguan.

Untuk kedepannya, saya memilih tempat tinggal jenis “kontrakan” alias mengontrak sebuah rumah bersama segerombolan teman dan kakak kelas alih-alih ngekost. Pertimbangannya adalah, bahwa dengan mengontrak satu rumah, kita memiliki kuasa atas satu rumah itu. Kalau ngekost, kita cuma berkuasa di satu kamar saja, yaitu kamar kita sendiri. Dengan mengontrak kita juga bisa memilih siapa saja yang akan tinggal satu rumah dengan kita. Kita juga bisa belajar mengelola sebuah rumah.

Namun, tampaknya kami sudah agak terlambat berburu kontrakan. Jadi, beberapa buruan kontrakan yang kelihatannya menarik dan cocok sudah di-bookmark oleh orang lain. Setelah mencari seharian, dengan supervisor seorang kakak kelas, akhirnya kami menemukan sebuah kontrakan yang cukup menarik. Seperti ini penampakan halaman depannya:

calon kontrakan

Rumah yang terletak di Gang Bara 4, Desa Babakan ini memang cukup mahal. Namun fasilitas yang ditawarkan membuat kami tetap memilihnya. Diantaranya adalah furnitur yang serba baru, rumah yang baru direnovasi, dekat dengan pusat peradaban dan kampus, serta dekat dengan masjid. Down Payment (DP) pun sudah sebagian dibayarkan sebagai jaminan bahwa kami memang memiliki niat mengontrak rumah itu dan agar klaim tidak berpindah ke pihak lain.

Yah, semoga saja kami jadi mengontrak disana…