URL Rahasia Firefox

Firefox memiliki beberapa URL khusus yang mempunyai fungsi-fungsi tersendiri. URL (Uniform Resource Locator) sendiri adalah alamat suatu halaman web yang bisa Anda lihat di baris alamat browser Anda, dan biasanya diawali dengan http://. Namun, URL “rahasia” ini tidak menggunakan http.

Salah satu URL khusus yang cukup terkenal adalah yang diawali dengan about, misalnya:

  • about:blank untuk menampilkan halaman kosong,
  • about:config untuk mensetting Firefox secara manual tetapi mendetail,
  • about:robots untuk menampilkan halaman iseng (khusus Firefox 3).

(Cobalah ketikkan alamat diatas ke address bar Firefox Anda (tanpa http://) untuk membuktikannya).

Nah, URL diatas sudah cukup terkenal. Sekarang akan coba ane paparkan URL yang belum diketahui banyak orang. URL ini biasa disebut Chrome URL, karena diawali dengan chrome://.

Dari yang ane baca di Internet, Firefox menggunakan sistem XUL untuk membuat tampilan interface-nya. Jadi, Firefox itu sendiri seluruhnya merupakan sebuah halaman web, termasuk toolbarnya, tombol-tombolnya, tab-tabnya, bahkan Firefoxnya itu sendiri (nah lo bingung kan?). Berdasarkan ini, Firefox pun bisa kita tampilkan di dalam Firefox itu sendiri. Nggak percaya? Coba lihat ini:

Klik untuk memperbesar

Perhatikanlah dengan seksama gambar tersebut. Ya, ada Firefox di dalam Firefox. Firefox yang atas mempunyai 2 tab, tab pertama menampilkan jendela Firefox lagi (yang membuka halaman blog ini), sedangkan tab kedua adalah halaman Wikipedia. Coba perhatikan pula URL untuk menampilkan Firefox tersebut (yang atas). Disitu tertulis:

chrome://browser/content/browser.xul

Itulah yang ane maksud dari URL rahasia alias Chrome URL. URL yang ini digunakan untuk membuka Firefox di dalam Firefox, dengan jumlah yang tidak terbatas.

Namun, bukan cuma itu saja, masih banyak Chrome URL lainnya. Berikut akan ane contohkan beberapa yang menurutku cukup menarik dan fungsional.

chrome://browser/content/sanitize.xul

URL ini akan menampilkan jendela “Clear Private Data” di dalam jendela Firefox.

Klik untuk memperbesar

chrome://mozapps/content/downloads/downloads.xul

URL ini akan menampilkan daftar Download di dalam jendela Firefox. Mirip dengan milik Opera.

Klik untuk memperbesar 

chrome://mozapps/content/extensions/extensions.xul

URL ini akan menampilkan daftar extension (add-ons) di dalam jendela/tab Firefox.

Klik untuk memperbesar

chrome://browser/content/history/history-panel.xul

URL ini akan menampilkan daftar history di dalam jendela/tab Firefox.

Klik untuk memperbesar

chrome://browser/content/preferences/preferences.xul

URL ini akan menampilkan options/preferences untuk mengatur setting Firefox Anda.

Klik untuk memperbesar 

(Cobalah ketikkan alamat-alamat diatas ke address bar Firefox Anda (tanpa http://) untuk membuktikannya).

Daftar lengkapnya sangatlah banyak. Jika Anda menginginkan Chrome URL lainnya, silakan buka disini. Namun jika ada beberapa URL yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bisa jadi itu disebabkan oleh versi Firefox Anda yang terlalu tua atau malah terlalu mutakhir sehingga ada perubahan struktur Chrome URL.

Lalu, apa manfaat dari Chrome URL ini?

URL ini akan cukup berguna jika Anda adalah pembuat add-on untuk Firefox. Manfaat lainnya adalah, Anda dapat membuat bookmark ke beberapa alamat URL ini sebagai jalan pintas, misalnya jalan pintas ke daftar download atau history, atau bahkan menjadikannya sebagai homepage untuk Firefox Anda.

Selain itu, cara ini dapat digunakan untuk membingungkan teman Anda. Bukalah beberapa Firefox di dalam Firefox, dan tunjukkan ke teman Anda. Insyaallah dia akan takjub sekaligus kaget bercampur bingung.

Syukran, selamat mencoba.