IP Semester 1…

Sesuatu yang dinanti-nanti telah tiba. Sesuatu yang menjadi semacam tujuan bagi kalangan pelajar. Apa lagi kalau bukan nilai. Bukan merupakan hal yang sangat penting namun menjadi parameter utama keberhasilan akademis seseorang.

Di jenjang perguruan tinggi, nilai dinyatakan dalam wujud IP (internet protocol/institut pertanian/indeks prestasi) yang memiliki nilai maksimum 4. Ada juga IPK (IP kumulatif) yang ane sendiri belum begitu paham mengenainya. IP dikeluarkan setiap semester. Nah, karena ini adalah semester pertama, maka IP ini adalah IP perdana yaitu IP semester 1 di IPB ini. Karena itu reaksi kami agak berlebihan saat menunggu IP dikeluarkan.

Berhari-hari menunggu pada masa liburan alih semester, nilai tiap mata kuliah pun bermunculan satu-persatu, tapi tidak semuanya keluar. Tak disangka-sangka, tadi ada salah seorang teman yang mengirimkan pesan-singkat bahwa nilai IP sudah tersedia secara online. Langsung saja ane buka situs yang memuat nilai IP seluruh mahasiswa IPB (http://krs.ipb.ac.id). Mencari-cari sebentar, dan, akhirnya ketemu (semoga itu IP sungguhan)!

Alhamdulillah, hasilnya cukup memuaskan, yaitu sekian koma sekian sekian :) Cukup untuk menghibur diri sebelum berangkat lagi ke Bogor dan menapaki kembali kehidupan yang keras.

Mungkin Anda bertanya, berapa IP semester 1 saya (pertanyaan tidak penting)? Jika memang benar-benar ingin mengetahuinya, inilah IP saya, silakan dihitung sendiri, tidak terlalu rumit kok :)rumus IPku

Dengan e adalah bilangan natural, e ≈ 2.718

Bagaimana? Sudah ketemu hasilnya? Kalau bingung, tanyalah seorang anak SMA kelas 3 yang sebentar lagi hendak melaksanakan ujian nasional. Insyaallah tidak sampai 5 menit mereka mampu menghitungnya. Hasilnya tidak mungkin melebihi angka 4.

Yah, segitulah nilai ane di semester 1 ini. Itulah salah satu hasil dari apa saja yang ane lakukan selama satu semester. Semoga semester depan bisa ditingkatkan, atau paling tidak dipertahankan…