Pulang #4

Semester 1 sudah berakhir. Tibalah saatnya melakukan tugas rutin seorang anak yang jauh dari rumah, yaitu pulang. Walaupun belum sampai satu bulan sejak kepulangan yang kemarin, karena liburan semester selama tiga minggu sudah dimulai, tidak ada hal lain yang lebih penting dibandingkan pulang.

Kepulangan ke Lampung kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Pada kepulangan kali ini ane pulang sendirian alias tidak ada teman seperjalanan dari kampus. Cukup beresiko sih, tapi jadinya bisa lebih santai karena tidak terikat oleh rekan seperjalanan yang biasanya terburu-buru dan tidak memberi kesempatan untuk melakukan berbagai hal.

Sedikit cerita, berikut gua sajikan catatan kronologis perjalanan pulang kali ini. Tidak penting memang, hanya sekedar berbagi pengalaman.

Jalan Raya Darmaga 5.19 AM
Setelah shubuh, menunggu angkot di Jalan Raya Darmaga dengan tujuan Terminal Bubulak. Masih cukup sepi. Angkotnya memberikan diskon 12% karena tidak ada “uang kecil”.
Di dalam bis TransPakuan 5.33 AM
Sampai di Terminal Bubulak, naik bis TransPakuan™ menuju Terminal Baranangsiang. Keadaan mulai bertambah ramai.
Di Terminal Barangsiang 6.25 AM
Di Terminal Baranangsiang, naik bis jurusan Kampung Rambutan karena jam segitu bis jurusan Merak belum available. Menunggu cukup lama sebelum bisnya berangkat.
Di Terminal Kampung Rambutan 7.22 AM
Di Terminal Kampung Rambutan, mencari bis jurusan Merak. Sempat ada perseteruan kecil dengan seorang mas-mas calo yang memaksa naik bis tertentu.
Sampai Merak. Ishoma dulu... 11.48 AM
Baru sampai Pelabuhan Merak. Maklum, bisnya mampir ke banyak terminal dulu sebelum ke Merak. Sekalian aja sholat dan makan siang sebelum naik kapal.
Naik ke kapal 12.47 PM
Huh, kapal cepat tidak beroperasi. Terpaksa naik kapal ferry yang berjam-jam lama perjalanannya. Keadaan pelabuhan cukup sepi. Begitu pula di kapal.
Mau sampai di Bakauheni 3.20 PM
Lampung sudah di depan mata. Sebentar lagi kapal landing. Setelah itu, mencari bis jurusan Terminal Rajabasa. Menunggu lebih dari satu jam sebelum bisnya berangkat.
Menunggu jemputan 8.20 PM
Sudah cukup malam. Bis jurusan Kota Metro (rumahku) sudah habis. Jadi di perempatan terminal ini menunggu jemputan dari rumah. Beberapa menit kemudian jemputan datang.
Hore... Sampai rumah... 9.34 PM
Alhamdulillah, sampai juga di rumah tercinta dengan selamat sentosa. Tinggal melakukan sedikit finishing lalu tidur untuk mempersiapkan hari esok yang cerah…

Yah, perjalanan 16 jam yang cukup melelahkan. Namun kelelahan itu tertutupi dengan semangat untuk bisa kembali ke rumah tercinta dan menikmati liburan kali ini.

Namun demikian, liburan kali ini sepertinya akan sedikit kurang menyenangkan disebabkan adanya tugas untuk mempromosikan kampus IPB di sekolah-sekolah. Ya, tahun lalu kami (saya dan teman-teman satu daerah) yang mendengarkan iklan itu. Sekarang kamilah yang harus mengiklankannya. Juga dengan ditugaskannya kami untuk mengadakan try out ujian di kota asal kami ini.

Akhir cerita, semoga kami dapat melaksanakan tugas-tugas ini dengan baik dan benar, serta semoga liburan kali ini bermanfaat. Selamat liburan (bagi yang liburan)…