Beberapa Alasan Untuk Tetap Memakai Windows

Walaupun Linux lebih baik daripada Windows pada beberapa hal, ada pula beberapa hal yang tidak dimiliki Linux yang mungkin membuat Anda berpaling darinya dan kembali ke Windows. Kebanyakan kelemahan Linux ini terkait dengan software buatan pihak ketiga (third-party software), dimana pangsa pasar Linux masih cukup rendah dibanding Windows. Namun, kekurangan-kekurangan ini mungkin hanyalah untuk saat ini saja. Berikut beberapa alasan untuk tetap menggunakan Windows.

Ada software berlisensi yang sangat kamu butuhkan

hang_thumbnail Hingga sekarang, kebanyakan produsen software masih menganggap bahwa pasar software untuk Linux masih terlampau kecil, hal inilah yang menghalangi mereka untuk mengeluarkan software versi Linux. Walaupun saat ini sudah mulai ada perubahan, kebanyakan software propietary belum dapat berjalan di dalam Linux.

Seperti yang telah dikatakan sebelumya, ada beberapa aplikasi Open Source yang dapat menggantikan salah satu propietary yang esensial (lihat topik ini).

Cobalah salah satu dari program tersebut, bahkan beberapa dari mereka telah mengeluarkan versi untuk Windows, sehingga dapat kamu gunakan sekarang juga. Amati beberapa screenshot dan daftar fiturnya, dan lihatlah apakah mereka telah cukup memenuhi kebutuhanmu.

Jika ada software yang kamu yang benar-benar tidak dapat bekerja tanpanya, maka tetap menggunakan Windows mungkin adalah pilihan yang baik.

Ada pula sebuah proyek bernama "Wine", yang dalam beberapa kasus, dapat menjalankan beberapa aplikasi Windows di Linux (lihat juga ini). Kamu bisa mengunjungi websitenya di http://www.wineHQ.org, pada website tersebut disajikan daftar software Windows yang dapat dijalankan pada Linux menggunakan Wine. Pilihan lain adalah dengan mengemulasikan Windows di dalam Linux, walau cara seperti ini tidak disarankan untuk menjalankan program dengan tuntutan performansi yang tinggi.

Kamu maniak game

joystick_thumbnail Kebanyakan games memiliki kompatibilitas dengan Windows, dan tidak selainnya. Beberapa games tersebut ada yang diproduksi dalam versi Mac, ada pula yang memiliki versi Linux seperti Quake 4, Neverwinter Nights, dll. Tetapi hampir semua games yang ada saat ini hanya berjalan pada Windows.

Jadi bila kamu menghabiskan banyak waktu untuk memainkan games terbaru, mungkin sebaiknya kamu masih tetap berada di Windows.

Kamu bekerja di industri percetakan/penerbitan

cmjn_thumbnail Fitur CMYK pada software Linux masih dalam tahap percobaan. Fitur ini masih terus mengalami perbaikan, meskipun software Linux pada industri ini belum dapat dikatakan memuaskan bagi para pengguna profesional.

Meskipun banyak buku dan majalah mengenai software gratis yang dalam proses produksinya telah berpindah ke Linux sejak zaman dahulu (dan bukankah mereka terlihat hebat?), jika kamu bekerja pada industri percetakan dan banyak menggunakan warna CMYK, dengan gambar yang halus, keperluan mencetak menggunakan efek khusus, dan lainnya, mungkin sebaiknya kamu masih tetap menggunakan Windows untuk saat ini.

Masalah perangkat keras

hardware_thumbnail Sebagian besar hardware dapat berjalan dengan baik di Linux. Tetapi, ada beberapa hardware terbaru (yang baru diproduksi beberapa bulan yang lampau) belum didukung oleh Linux. Seperti halnya produsen software, banyak produsen hardware masih memandang Linux sebagai target pasar yang kecil sehingga mereka tidak menyediakan driver untuk Linux. Masalah tersebut sudah dicoba untuk diatasi oleh para developer Linux, mereka melakukan pekerjaan hebat agar setiap bagian hardware dapat berjalan mulus di Linux, tetapi pekerjaan ini memerlukan sedikit waktu lebih.

Jalan terbaik dan termudah untuk melihat apakah hardware komputermu didukung dengan baik oleh Linux adalah dengan menjalankan Linux melalui Live CD (penjelasannya ada disini).


Jika hal-hal diatas memang benar-benar terjadi pada Anda, ada satu solusi yang cukup adil. Anda dapat menginstall Windows bersama-sama dengan Linux (dual-booting). Jadi, jika hal-hal diatas tiba-tiba menimpa Anda, nyalakan komputer Anda menggunakan Windows. Dan jika Anda sudah cukup bosan bekerja di lingkungan Windows, nyalakan ulang komputer Anda dengan Linux dan nikmati fasilitasnya. Cara menginstall Windows dan Linux secara berdampingan dapat diihat disini.

Di-copy-paste dengan sedikit perubahan dari http://www.whylinuxisbetter.net