Kenapa Linux Lebih Baik #6

Bagian terakhir dari enam tulisan.
« Lihat tulisan sebelumnya

Inilah bagian terakhir dari serial “Kenapa Linux Lebih Baik”. Cerita kali ini mengenai games di Linux, pemantau cuaca, serta pengaruh Linux bagi perekonomian negara. Semoga dengan membaca keenam serial ini, Anda sekalian jadi menginginkan Linux sesuai tujuan tulisan ini.

Games yang Melimpah

Ratusan jenis permainan telah dilepas secara gratis bagi para penikmatnya: 2D, 3D, teka-teki, permainan peperangan, permainan online multiplayer, apa saja! Di bawah ini beberapa contoh (daftar lengkapnya bisa sangat banyak) :

Bantu Negara Lain, juga Negara Anda

Microsoft adalah perusahaan Amerika Serikat, dan kesuksesannya berdampak baik terhadap ekonomi Amerika.

Tetapi jika kamu tidak tinggal di Amerika Serikat, saat kamu membeli perangkat lunak proprietary (misalnya, Windows), sekitar setengah uangmu akan langsung pergi ke pusat perusahaan perangkat lunak tersebut (misalnya, Microsoft) : uang itu meninggalkan negaramu, sementara setengahnya tetap berada di negaramu (komisi penjualan, dsb : tidak ada kegunaan teknis). Negaramu tidak memproduksi apapun, dan kamu bahkan tidak membutuhkan orang-orang profesional untuk menjual barang-barang dalam kotak. Hal ini lalu berdampak pada tenaga profesional IT tanpa pengetahuan yang mumpuni, yang tugasnya hanya meng-install dan mengonfigurasi perangkat lunak proprietary tanpa memiliki pilihan untuk memodifikasi/mempelajari/mengkustomisasi perangkat lunak tersebut.

Dengan menggunakan Free Software (misalnya Linux), perekonomian (dan pengetahuan para profesional TI) negara Anda akan meningkat, karena nantinya akan ada banyak perusahaan berskala menengah atau besar yang menyediakan solusi yang beragam terhadap kebutuhanmu, juga menyediakan layanan pendukung, konsultasi, dan sebagainya.

Orang-orang yang memahami bagaimana melakukan hal yang benar untuk menyimpan uangmu di negaramu sendiri akan memperoleh banyak manfaat, daripada orang-orang yang hanya menjual kotak-kotak dengan tingkat penjualan yang sudah ditentukan, mengirim uangmu ke luar negeri, dan meninggalkan para profesional IT tanpa pemahaman bagaimana mereka seharusnya bekerja.

Selalu Pantau Cuaca

Dengan Linux (dan koneksi internet tentunya), kamu tinggal melihat monitor untuk mengamati cuaca.

Tentu saja, Linux tidak memaksamu melakukan apapun, sehingga kamu bebas menempatkan perangkat lunak ini di bagian mana saja pada monitor, atau justru tidak memilikinya sama sekali (bagaimanapun, cara ini lebih baik daripada melihat termometer di jendelamu setiap kali bukan?). Kamu bisa memilih tempat tinggalmu (atau tempat apapun) pada daftar lengkap lokasi yang dimiliki perangkat lunak ini.

Jika kamu mengklik pada gambar, kamu akan mendapatkan informasi lebih detil seperti di bawah ini (yaa, maaf, jika gambar ini dalam bahasa Perancis):


Di-copy-paste dengan sedikit perubahan dari http://www.whylinuxisbetter.net