Posting ke WordPress dengan Hemat dan Cepat

WordPress memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan posting sederhana secara hemat dan cepat. Hemat disini maksudnya bisa bermacam-macam. Bagi Anda yang fakir bandwidth, fitur ini dapat menghemat pemakaian bandwidth Anda secara drastis. Bagi Anda yang kesal dengan kecepatan akses internet Anda maupun waktu yang digunakan untuk me-load halaman “New Post” di dashboard, fitur ini dapat menghemat waktu Anda karena loadingnya yang jauh cepat.

Fitur ini sebenarnya dikhususkan bagi mereka yang ingin blogging ke WordPress lewat handphone dan perangkat mobile sejenis. Ya, dari tadi yang dimaksud “fitur” adalah sebuah halaman (versi sangat mini dari dashboard) yang bisa di-load oleh browser handphone Anda. Jadi, sebenarnya membuka halaman ini dari komputer adalah sebuah penyalahgunaan fitur. Tapi, berhubung alasan kehematan dan kecepatan, apa salahnya… Lagipula, ukuran halamannya cuma sekitar 5 KB, benar-benar hemat bandwidth.

Hah, dari tadi ngomong “halaman ini” sama “fitur ini” melulu. Baiklah, ane perkenalkan “fitur WordPress” tersebut, yaitu WordPress.com Gadget yang bisa dibuka di alamat http://m.wordpress.com. Lalu login seperti biasa dari situ. Setelah sukses Anda akan dibawa ke halaman yang serupa ini:

Wordpress.com Gadget

Wordpress.com Gadget

Di halaman tersebut, terdapat 4 buah tab. Tab pertama yaitu Stats, berisi statistik ringkas dari kunjungan ke blog kita hari ini dan kemarin.

Nah, pada tab kedua, yaitu Post, Anda dapat melakukan posting ke blog Anda. Cobalah klik tab tersebut.

Contoh halaman post

Contoh halaman post

Pada halaman Post tersebut, ada pilihan untuk memilih ke blog yang mana Anda akan memposting (jika Anda memiliki lebih dari 1 blog). Kemudian ada pula tempat isian judul posting. Dibawahnya lagi ada tempat menuliskan tulisan Anda. Dibawahnya lagi ada tempat menuliskan tag untuk post Anda. Dibawahnya lagi ada tombol “Save as Draft” untuk menyimpan post ini sebelum mem-publishnya. Ada juga tombol “Publish” yang tentu Anda sudah tahu gunanya.

Anda dapat menuliskan tulisan Anda pada kotak tempat mengetik postingan. Namun harap diperhatikan bahwa itu adalah editor teks dan HTML biasa, bukan editor yang bisa diberi format seperti jika Anda membuka halaman posting WordPress yang asli di dashboard. Namun, Anda dapat mengetikkan tag-tag HTML ke tempat itu. Jadi, sebenarnya mirip dengan editor di dashboard yang versi HTML (bukan visual).

Setelah Anda mengetik post Anda, silakan pencet tombol “Publish” untuk mempublikasikannya ke blog Anda. Jika perlu, tambahkan tag untuk post Anda pada kotak isian tag.

Anda juga dapat menyimpan post Anda ini sebagai draft, yang nanti bisa diedit lagi sebelum dipublikasikan. Namun harap diperhatikan lagi, benda ini tidak dapat digunakan untuk mengedit post. Jadi post yang sudah Anda simpan sebagai draft, mau tak mau harus Anda edit lagi dari dashboard yang asli.

Ada lagi kelemahan dari WordPress.com Gadget ini, yaitu Anda tidak dapat memilih kategori tulisan, tidak dapat memproteksi dengan password, tidak dapat memilih tanggal posting, dan beragam keterbatasan lainnya.

Di balik semua kelemahan itu, fitur WordPress ini sangat berguna untuk membuat sebuah post “darurat” yang menuntut kecepatan posting. Juga dapat digunakan misalnya ketika warnet yang Anda kunjungi sudah penuh sehingga diperkirakan kecepatan aksesnya menurun drastis, maka me-load halaman posting WordPress yang asli akan memakan waktu yang sangat lama sampai mungkin membuat Anda muak dan tidak jadi membuat post. Kalau sudah begitu, WordPress.com Gadget adalah alternatif yang menjanjikan…