Kenapa Linux Lebih Baik #4

Bagian keempat dari enam tulisan, insyaallah.
« Lihat tulisan sebelumnya

Lanjut lagi… Baca aja sampai antum bener-bener pengen punya Linux…

Semakin Lambatkah Komputermu?

Windows memiliki beberapa kelemahan dalam desain sistemnya, yang menyebabkan ia berjalan semakin lambat seiring berlalunya waktu, dan tidak dapat bertahan dalam waktu lama dengan kinerja yang tetap prima. Mungkin Anda pernah mendengar dari seseorang “Komputer saya semakin lambat, saya akan meng-install ulang”. Meng-install ulang Windows memang memecahkan masalah tersebut… sampai masalah berikutnya timbul lagi.

Mungkin kamu berpikir bahwa memang seperti inilah komputer bekerja, ini adalah teknologi yang masih baru, sehingga wajar jika kondisinya belum begitu stabil. Jika demikian, cobalah Linux dan kamu akan terkejut. Lima tahun lagi, sistem komputermu akan tetap sama cepatnya dan sama responsifnya dengan hari waktu kamu menginstalnya, dan tentu saja bebas dari gangguan virus, adware, trojan, worms, dan lain-lain, yang biasanya memaksamu untuk meng-install ulang sistem komputermu.

Saya telah meyakinkan banyak orang untuk berpindah ke Linux, sambil tetap mempertahankan Windows dalam hard disk mereka, karena mereka membutuhkan Windows untuk menjalankan perangkat lunak yang tidak bisa dijalankan di Linux (misalnya Autocad), sehingga mereka memiliki dua sistem operasi. Sejak mereka berpindah ke Linux, sebagian besar dari mereka meng-install ulang Windows setelah satu atau dua tahun berjalan; tetapi tidak dengan Linux, yang tetap berjalan sempurna hingga sekarang.

Linux membantumu memanfaatkan lebih banyak waktu untuk bekerja, dan lebih sedikit waktu untuk meng-install ulang lagi dan lagi.

Lakukan Sesuatu untuk Lingkunganmu

Terima kasih kepada Franz Bourlet atas idenya

Apa bedanya Linux dan Windows kalau kita berbicara tentang lingkungan? Bagaimanapun, mereka adalah perangkat lunak yang hanya memberikan sedikit sumbangan untuk polusi ataupun perubahan iklim. Tetapi sebenarnya, memilih Linux dapat membawa pengaruh kepada lingkungan:

  • Windows dan Mac mengemas penjualannya dalam kotak. Artinya, sejumlah besar kertas dan plastik diperlukan agar kotak-kotak tersebut tersedia di toko-toko yang menjual (dan akan dibuang setelah kamu membelinya). Linux tersedia secara bebas di internet; tidak ada plastik atau kertas yang terlibat.
  • Aplikasi proprietary untuk Windows dan Mac juga, sebagian besar, dijual di toko-toko dalam kemasan, sedangkan pada Linux semua kebutuhan perangkat lunak dapat diunduh dari internet dengan bebas (sekali lagi, menyelamatkan banyak plastik dan kertas yang tidak digunakan!).
  • Ketika kebutuhan perangkat keras semakin tinggi bagi Windows dan Mac OS, banyak komputer tidak lagi digunakan, dan perlu dibuang… namun, karena Linux dapat beroperasi dengan baik pada komputer-komputer lama, mereka dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan (penyimpanan, akses internet, akses multimedia, dll.), daripada sekedar dibuang!
  • Jutaan CD dibuat untuk dimasukkan Windows dan Mac ke dalamnya lalu dijual. Linux juga memerlukan CD sebelum dipasang ke dalam komputer (setidaknya, pada sebagian kasus — ada juga yang melakukan proses pemasangan melalui jaringan atau harddisk). Tetapi, sebagian orang memilih untuk memasukannya ke dalam CD tulis-ulang (“CD-RW”), yang dapat digunakan untuk tujuan lain jika proses pemasangan sudah selesai (tidak seperti sistem operasi proprietary, kamu tidak perlu untuk menyimpan CD nya setelah perangkat lunaknya selesai dipasang, kamu dapat mengunduhnya kembali setelahnya).

 

Dukungan Tanpa Batas dan Bayar

Salah satu aset terbesar dalam komunitas Open Source (khususnya Linux), bahwa mereka adalah komunitas yang riil. Para pengguna dan pengembang benar-benar ada di luar sana, dalam situs-situs forum, mailing list, kanal-kanal IRC, membantu para pengguna baru. Mereka bangga dapat melihat banyak orang menggunakan Linux, dan mereka bangga dapat membantu mereka merasa nyaman dengan sistem baru yang mereka pilih.

Jadi, apabila ada yang tidak kamu mengerti, program yang tidak berjalan sebagaimana yang kamu harapkan, atau fitur yang tidak dapat kamu temukan, jangan segan-segan untuk bertanya dan mencari bantuan. Apabila ada seseorang di dekat kamu (keluarga? rekan kerja?) yang menggunakan Linux, mereka pastinya dengan senang hati akan membantumu. Atau, cari di internet dan kamu akan menemukan ribuan tempat dimana orang-orang akan membantumu menemukan jawaban dan memecahkan permasalahan kamu: para geek pada dasarnya adalah orang-orang yang baik, kalau kamu bertanya dengan sopan. Cukup ketikkan “linux help” (atau ganti “linux” dengan apapun distro yang kamu pilih) pada Google, dan tidak diragukan lagi, kamu akan menemukan yang kamu butuhkan.

Instant Messenger Terpadu

Kamu mungkin memiliki beberapa akun untuk beberapa layanan pesan instan, seperti MSN, Yahoo, ICQ, Jabber, AIM, dll. Kalau menjalankan Windows atau Mac OS X, kamu mungkin membutuhkan banyak program untuk menjalankan setiap layanan : MSN Messenger untuk MSN, ICQ untuk ICQ, dll.

Dengan Pidgin, layanan pesan instan untuk Linux (tersedia pula untuk Windows, dan juga bagi Mac OS X dengan nama “Adium”), kamu bisa menyambungkan semua layanan sekaligus, dengan satu program ini, dan temui semua kawanmu dalam waktu yang bersamaan.


Di-copy-paste dengan sedikit perubahan dari http://www.whylinuxisbetter.net