Di Belakang Opera Mini 4

Opera Mini yang terbaru (versi 4) adalah browser mobile paling populer setidaknya untuk saat ini. Salah satu sebabnya adalah kemampuannya menampilkan website sesuai tampilan aslinya (kayak kalo dari komputer). Karena itu, ane mencoba mencari cara untuk bisa menggunakan software ini untuk membuka file HTML yang ada di HP sendiri (file lokal). Tapi, setelah cari-cari di Google, ternyata hal itu tidak mungkin dapat dilakukan.

Ternyata, kata seseorang di forum, Opera Mini menggunakan sebuah server proxy di Finlandia (atau Denmark) sono untuk memproses halaman web, lalu baru dikirimkan ke HP kita lagi. Kalo normalnya, operator dari HP kita langsung me-request halaman web ke server situs web tersebut. Nah, kalo pake Opera Mini, operator minta request-nya ke server Opera itu, terus server Opera itu baru deh minta ke server situs web tujuan kita. Kira-kira kayak gini diagramnya:

HP Kita + Opera Mini

Operator Selular

Server Opera

Situs Web Tujuan

Server Opera

Operator Selular

HP Kita

Jadi halaman web yang kita minta harus lewat server Opera itu. Nah, di server Opera itulah halaman web itu diolah, diformat supaya mirip dengan aslinya dan ngepas di HP kita, baru dikirim ke kita lagi dalam bentuk terkompresi. Ibaratnya server Opera itu adalah agen distribusi, pesenan kita dibersihkan dulu, digoreng, kasih sambel, dibungkus rapi, baru dikirim lagi ke kita. Itulah kenapa salah satu keunggulan Opera Mini adalah menghemat bandwidth karena datanya dikompres dulu.

Dan kalo kita buka Options-nya Opera Mini, bakal ada pilihan “Mutu Gambar”, rendah atau bagus yang menentukan besar data yang ditransfer. Kalo di web browser biasa terkesan kurang masuk akal karena si browser tidak mempunyai kuasa apapun atas kualitas gambar yang dia ambil dari server. Tapi, karena ada “tukang proses” di Opera sono, hal itu menjadi cukup masuk akal.

Salah satu bukti lagi bahwa Opera Mini pake server khusus adalah dalam e-mail dari WordPress. Sewaktu ada comment ke blog kita, WordPress bakal ngirim e-mail ke kita mengenai detail komentar tersebut. Ini contohnya:

Komentar baru pada tulisan Anda #487 "Hemat Pulsa"
Penulis : MAKNYOSS32 (IP: 91.203.96.20 , f96-020.opera-mini.net)
E-mail : CAH_NDESO39B@YAHOO.CO.ID
URL : http://MAKNYOSS32.WORDPRESS.COM
Siapa : http://ws.arin.net/cgi-bin/whois.pl?queryinput=91.203.96.20
Komentar:
Permisi nyampah...Wong wong, mangkane lek ngisi pulsa ra sah akeh2, aq we ngsine 10rb,,

[…]

Terlihat jelas bahwa Mas Ipul sedang berinternet menggunakan Opera Mini. Hehe…

Jadi, kesimpulannya, kita nggak bisa membuka file lokal pake Opera Mini gara-gara sistem yang lumayan unik ini. Kesimpulan lain, kalo misalnya tiba-tiba Opera Mini kita gagal koneksi ke internet, jangan buru-buru menyalahkan sang operator selular yang sedang kelelahan perang tarif. Siapa tahu server Opera nun jauh disana lagi mogok atau dan lain sebagainya…