Tips Sekuriti Sandal di Masjid

Tulisan ini terinspirasi dari tulisannya Kang Herr dan juga pengalaman pribadi ane. Waktu itu, saya dibelikan sandal baru sebagai hadiah lebaran. Waktu pemakaian perdana, sandal itu gua pakai ke masjid untuk shalat Jum’at. Bisa ditebak selanjutnya, sandal baru itu lenyap tanpa sisa sehelai benang pun.

Sejak kejadian itu, sandal baru yang baru pun ane perlakukan cukup istimewa. Supaya tidak lagi hilang di masjid, saya mempunyai sedikit tips yang sering saya gunakan untuk mencegah kehilangan sandal di masjid, terutama masjid Al-Hurriyyah IPB. Anda dapat melakukan:

  1. Jauhkan kedua sandal Anda tersebut. Pisahkan dalam jarak yang tidak terjangkau mata. Tips ini cocok untuk masjid dengan pintu super lebar atau tidak berpintu semacam masjid Al-Hurriyyah. Dengan dipisahkan seperti ini, sang pencuri tentu akan enggan mencuri karena biasanya sandal dicuri keduanya, bukan cuma sebelah. Namun Anda perlu mewaspadai kalau-kalau sandal Anda yang sebelah itu dikira sampah dan dibuang ke tempat sampah.
  2. Setelah dipisahkan dalam jarak yang cukup jauh, balikkan salah satu atau kedua sandal Anda tersebut. Dengan dibalik, terlihat bahwa seolah-olah sandal tersebut bukan pasangan dari sandal yang satunya.

Dengan menjalankan kedua tips tersebut, insyaallah sandal Anda akan lebih aman. Kecuali sang pencuri melihat proses Anda dalam mengamankan sandal. Jika ingin lebih aman lagi, titipkan saja ke tempat penitipan barang gratis yang tersedia (tidak selalu buka).