Makalah PPKn

Kuliah beneran sudah dimulai kurang lebih seminggu. Konsekuensinya, tugas pun mulai bermunculan. Salah satu tugas yang sedang membayangi akhir-akhir ini adalah tugas PPKn, yaitu bikin makalah. Huh, PPKn lagi… pelajaran yang tidak ana sukai sejak pertama kali aku membencinya. Gua pikir, lulus dari SMA, lolos juga dari PPKn. Namun itu hanya angan-angan…

Untung mbikinnya berkelompok, jadi agak sedikit lebih mudah. Untuk makalah kali ini, kelompok saya secara tidak sengaja dipilihkan tema “pertahanan nasional”. Lalu, secara tidak sengaja pula salah satu anggota kelompok kami menemukan topik “Bioterorisme“.

Kata mas AA Nurussadad, waktu beliau bikin makalah dulu, makalahnya dan makalah kelompok lain gugur karena satu pertanyaan: “Apa Permasalahannya?”. Hal itu pulalah yang menjadi problema dalam kelompok kami, sampai pada akhirnya setiap orang dalam kelompok gua disuruh mencari rumusan masalah terkait bioterorisme. Dan inilah draft dari makalah versi bikinan saya, yang cuma merangkum dari sumber di internet, dan karena itu kualitas tulisannya parah. Ane upload dan dibuat seperti ini supaya anggota kelompok kami yang lain bisa mendownloadnya, juga karena di Google waktu nyari keyword “makalah ppkn bioterorisme” gak ketemu apapun! Siapa tau nanti link ke halaman ini jadi satu-satunya hasil pencarian untuk keyword diatas. Hehehe…

Silahkan klik link ini untuk mendownload: Draft makalah ppkn – bioterorisme. File dalam bentuk Microsoft Word Document (.doc) berukuran sekitar 80 KB. Jangan mendownloadnya kalo memang tidak menginginkannya!