Buku Warisan

Buku warisan adalah buku yang diwariskan dari seorang pewaris kepada yang diwarisi. Di IPB, khususnya pada masa TPB (Tingkat Persiapan Bersama), para mahasiswa baru biasanya giat mencari buku-buku warisan dengan berbagai alasan. Diantaranya adalah sebagai bahan contekan referensi, maupun karena pertimbangan ekonomi. Buku-buku yang diwariskan memang biasanya mengandung kemiripan (kalau tidak mau dibilang persis) dengan buku-buku keluaran baru, paling tidak untuk jarak 2 angkatan.

Namun, saya tidak terlalu aktif mencari buku-buku tersebut dengan alasan yang belum diketahui. Gua lumayan iri melihat teman-teman yang mendapat berkilo-kilo buku warisan dari OMDA. Namun, akhirnya, berkat rahmat Allah subhanahuwata’ala akhirnya ana timbul keinginan untuk juga diwarisi buku-buku tersebut.

Salah satu usaha pertama yaitu meminta kepada mas Auzi. Namun permintaan itu tidak dapat dipenuhinya. Akhirnya saya berhenti meminta. Sampai suatu saat saya di-layanan-pesan-singkat-i anak Lampung lainnya yang menawarkan buku-buku warisan untuk gua. Betapa perhatiannya dia…

Akhirnya, saya dipersilahkan mengambil buku-buku tersebut dari kamar beliau. Tapi, ternyata bukunya ber-kardus-kardus (cuma 1 padahal). Maksudnya, kardus tersebut dimuati buku-buku dan kertas-kertas sampai 2 kali kapasitas maksimalnya. Apalagi waktu itu siang hari Ramadhan. Untung jalannya turunan semua (dari gedung C1 lantai atas ke gedung C2 lantai bawah) dan kardus-kardus buku itu pun sampai juga ke kamar dengan cucuran keringat yang membasahi.

Alhamdulillah, jadinya sekarang ana sudah punya buku-buku warisan sehingga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli buku-buku baru. Dan bagusnya lagi, paket kardus itu juga berisi kumpulan hasil praktikum dan tugas-tugas yang sudah lengkap! Bisa dijadikan bahan referensi contekan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah gua.

Inilah gunanya teman…