ClearType, Fitur yang Terlupakan

ClearType adalah teknologi font rasterization (penghalusan font) pada layar monitor komputer untuk OS Mikrosop Windos, sehingga font pada layar monitor dapat terlihat sehalus di kertas. Mikrosop memperkenalkan fitur ini mulai dari Windos XP. Di Windos XP fitur ini secara default dimatikan, tetapi di Windos Pista fitur ini secara default diaktifkan. Fitur ini sangat berguna menurutku, supaya mata tidak terlalu lelah saat membaca tulisan di komputer. Tapi kebanyakan pengguna komputer (terutama pemula) tidak tahu kalo Windos XP punya fitur seperti ini karena secara default dinonaktifkan. Beruntunglah yang dari beli udah ada Windos Pistanya.

Tapi ada juga yang tahu fitur ini tapi tidak mau memakainya dengan alasan penurunan performa. Memang, jika ClearType diaktifkan ada sedikit penurunan performa alias Windos menjadi (sedikit) lebih lambat. Tapi komputer jaman sekarang kan udah pada hebat, tidak ada pengaruh signifikan jika ClearType diaktifkan. Tapi semuanya kembali kepada Anda. Jika Anda butuh Windos XP berperforma tinggi, matikan saja ClearType dengan konsekuensi font di monitor Anda tidak akan lebih bagus daripada font di HP dan kalkulator ataupun printer dot matrix.

Tapi jika Anda sering membaca atau mengetik di komputer alangkah baiknya jika Anda mengaktifkan ClearType. Berkomputer menjadi lebih menyenangkan dan tidak melelahkan mata. Kasihan kan si Mikrosop udah mbuat teknologi seperti ini tapi tidak dimanfaatkan.

Silakan lihat perbedaan font yang tidak di-ClearType dengan yang di-ClearType (courtesy of Wikipedia):

Font tanpa di-raster

Font tanpa di-ClearType

Font yang di-ClearType

Font yang di-ClearType

Lebih mending yang mana? Kayaknya sama aja kan? Memang di sini tidak terlalu kelihatan. Tapi coba Anda terapkan di Windos XP Anda (begini caranya). Dan kemudian matikan saja lagi karena sepertinya Anda tidak akan terlalu suka dengan hal ini.

Ngomong-ngomong:

  • Linux dan Mac OS terbaru sudah menjadikan teknologi font rasterization sebagai default tapi namanya beda, bukan ClearType.
  • HandPhone keluaran baru juga sudah menjadikan teknologi font rasterization sebagai default. Kapok lo… Gak ada tempat lari dari teknologi font rasterization.
  • Teknologi Font rasterization-nya Linux dan Mac OS lebih baik tingkat kehalusannya dibanding punya Mikrosop.
  • Aku suka font yang halus dan benci font bergerigi kaya dot matrix itu. Makanya, hal pertama yang kulakukan di komputer warnet adalah mengaktifkan ClearType.
  • Kebanyakan pengguna komputer tidak suka dengan fitur font layar yang diperhalus.
  • Dan lain-lain.