“Menghancurkan” Situs Web

Ternyata bukan cuma dunia nyata yang bisa kena disaster (bencana, malapetaka). Dunia maya pun bisa juga kena bencana. Karena dunia maya, bencananya pun tidak nyata. Penghancur situs web bukan berarti menghancurkan web sebagaimana yang dilakukan para hacker jahat, bukan pula deface. Kehancuran disini sifatnya tidak nyata dan bersifat sementara.

Lihatlah skrinsut situs yang telah “dihancurkan” berikut:

blogger IPB kebanjiran

blogku ketumpahan kopi

blogku ketumpahan kopi

google dilempari tomat

google dilempari tomat

IPB.ac.id mau ditebang

IPB.ac.id mau ditebang

wikipedia dieksekusi

wikipedia dieksekusi

Ingin bisa seperti itu? Cobalah kunjungi NetDisaster. Situs ini menyediakan layanan penghancuran situs web. Pilihan bencananya ada banyak, beberapa diantaranya:

  • Ditimpa meteor
  • Dibanjiri (air)
  • Dibom nuklir
  • Dicoret-coret pake Pilox™
  • Diberondong peluru sampai berdarah-darah
  • Digergaji mesin
  • Diinjak dinosaurus
  • Disemuti
  • Disiram kopi
  • Dan beragam efek hancur lainnya

Untuk menggunakannya, ketik saja alamat situs web yang ingin dihancurkan pada kotak “target” lalu pilih jenis bencananya. Untuk setiap jenis bencana ada options khusus. Lalu klik tombol “Go”. Maka Anda akan melihat situs web target mulai diberi bencana.

Di layar situs yang diberi bencana, akan terdapat sebuah baris (bar) diatas jendela situs web, yaitu bar milik NetDisaster yang berguna untuk mengubah efek bencana dan target. Ganti sesuka Anda lalu klik lagi tombol “Go”.

Namun harap dicamkan bahwa kehancuran ini cuma efek visual saja. Anda tidak mungkin benar-benar menghancurkan web itu bukan? Situs ini cuma menampilkan efek, sedangkan situs web targetnya tidak diapa-apakan. Tidak usah takut situs web Anda akan benar-benar hancur. Untuk kembali ke situs web asli (yang belum dihancurkan), ketik saja alamatnya seperti biasa di address bar browser Anda.

Tidak Dapat Melihat Efek Hancurnya?

Situs NetDisaster menggunakan flash untuk menyimulasikan secara visual kehancuran situs web. Jadi jika Anda tidak melihat apapun kecuali layar putih atau peringatan “plugin belum diinstal”, berarti Anda memang belum menginstal flash player di browser Anda. Silahkan download flash player disini. Instal, kemudian restart browser Anda, dan kunjungi lagi NetDisaster.

Bila masih ada masalah, misalnya efek-efek hancur atau situsnya tidak tampil dengan benar, klik tombol bertuliskan “ALT” di bar milik NetDisaster (di atas).

Lalu Apa Manfaatnya?

Tidak ada. Namun hal ini cukup mengasyikkan. Misalkan Anda sedang kesal pada situs tertentu. Anda dapat menghancurkannya sesuka Anda untuk melampiaskan kekesalan Anda. Atau menunjukkannya pada orang yang belum tahu tentang hal ini untuk mengagetkannya. Selamat berkreasi.