Sandal oh Sendal

Di asrama, sepertinya kami dituntut untuk terbiasa kehilangan sandal. Sandal yang sama dapat mengalami kehilangan sampai berkali-kali. Kehilangan disini dapat berarti hilang beneran atau cuma sekedar dipinjam tanpa izin sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Hal diataslah yang mendasari setiap penghuni asrama untuk membawa masuk sandalnya ke dalam kamar (sandal tidak diperkenankan dipakai di dalam gedung). Namun hal ini terasa cukup merepotkan bagi ana. Maka gua cuma naruh itu sandal di lemari di dekat pintu masuk gedung. Ternyata itu bukanlah pilihan bijak. Sila simak cerita saya.

Saya (dulu) punya 2 pasang sandal. 1 pasang sendal jelek dan 1 pasang sandal lumayan (baik). Pada mulanya sandal default adalah sendal jelek. Sampai suatu ketika sendal jelek itu hilang sebelah selama beberapa hari. Sandal default pun beralih ke sandal lumayan.

Beberapa minggu kemudian, pasangan sendal jelek datang sehingga sandal default balik lagi ke sendal jelek. Sendal jelek itu pun aku tingkatkan sekuritinya dengan menyimpannya ke lemari dekat pintu masuk gedung (sebelumnya cuma ditarok di luar). Anehnya hal diatas (hilang sebelah) terulang kembali. Sandal default pindah lagi ke sandal lumayan.

Tapi hilang tidak hanya sampai disitu. Kini sandal lumayan secara tiba-tiba hilang keduanya. Untung saja sendal jelek masih ada sebelah. Anehnya lagi, dalam tempo kurang dari 24 jam setelah sandal lumayan hilang, sendal jelek menjadi lengkap kembali, tapi sandal lumayan juga belum selesai hilang.

Akhirnya sampai tulisan ini dibuat sandal lumayan belum selesai hilang sehingga sandal default saat ini adalah sendal jelek.

Semenjak itu, sendal jelek itu pun terpaksa selalu gua masukkan ke kamar setiap selesai dipakai. Dan penantian akan sandal lumayan juga belum kuakhiri…

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa jangan percaya siapapun jika kita berani menyimpan sandal di luar kamar, berarti kita juga telah merelakan sandal itu menjadi milik bersama. Hmmm… Sebuah kebersamaan sejati, selaras dengan motto asrama, together to be better