Nasyid StarFive, WTH?

Beberapa minggu lalu ana secara tidak sengaja (?) mengikuti kajian dari LDK Al-Hurriyyah. Acara itu semacam kajian ROHIS. Ana tahu bahwa di dalam acara itu akan ada nasyid (namanya juga LDK). Dan gua juga tahu bahwa ada nasyid StarFive. Aku tidak tahu sebelumnya siapa mereka itu. Ternyata mereka adalah grup nasyid terkenal yang suka mangkal di tipi dan radio.

Hal yang mengherankan adalah bahwa ternyata mereka memakai musik. Ya, musik asli, memakai keyboard (orgen). Padahal mereka itu grup nasyid. Apakah mereka tidak mengetahui hadits berikut?

Sesungguhnya akan ada segolongan orang dari kaumku yang menghalalkan zina, kain sutera, khamr, dan alat musik.” (HR. Bukhari)

Juga hadits berikut:

“Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan kaum tersebut.” (HR. Ahmad)

Mereka benar-benar menyerupai kaum Nashara. Bukan penampilannya, melainkan dari cara mereka memuji Allah subhanahuwata’ala dan bershalawat kepada Rasulullah shalallahu’alaihiwasallam. Kaum nashara memuji Tuhannya dengan musik dan nyanyian. Umat Islam seharusnya tidak mengikuti cara mereka (nashara) karena Rasulullah sudah mengajarkan cara bertahmid dan bershalawat yang syar’i. Bukan dengan musik dan lagu.

Perbedaannya mungkin hanya bahasa dan lirik lagu saja. Sedangkan cara menyanyi dan musiknya sama dengan kaum nashara.

Waktu si Ziko (temen) gua ceritain tentang si StarFive ini, spontan dia berkomentar, “Udah kaya gereja aja…”

Tuh kan! WTH & WTF!

Wallahua’lam.