Matrikulasi TPB

Tulisan mengenai kuliah ini adalah tulisan rintisan.
Anda dapat membantu kami mengembangkannya.

Mahasiswa IPB yang masuk IPB lewat jalur non-SENAM-PTN, diwajibkan ikut suatu paket perkuliahan yang disebut matrikulasi (nama resminya Kuliah Alihtahun). Kuliah ini diadakan selama satu-setengah bulan. Aku mulainya tanggal 7 Juli dan berakhir tanggal 13 Augustus. Jadi anak-anak non-SENAM-PTN udah kuliah + ujian sebelum anak-anak SENAM-PTN masuk.

Di masa matrikulasi ini para mahasiswa baru cuma diberi satu mata kuliah, yaitu Pengantar Matematika atau Kimia. Pemilihan mata kuliah ini bener-bener random. Yang menentukan adalah pihak IPB sendiri. Yang jurusan matematika bisa dapet kimia dan vice versa. Mata kuliah yang seharusnya ditelan perlahan-lahan selama satu semester, pada masa matrix ini di-zip atau di-rar menjadi cuma satu-setengah bulan. Namun, jadinya lumayan nyantai karena sehari cuma <2 jam kuliah dan seminggu cuma 5 kali pertemuan, jadi bisa nulis di blog hampir setiap hari deh.

Di masa matrikulasi ini juga ada UTS dan UAS (ujian * semester), walaupun lebih tepat dinamakan UTM atau UAM (ujian * matrikulasi). UTS sudah lewat, sekarang sedang mempersiapkan diri untuk UAS. Semoga sukses.

Mungkin timbul pertanyaan, enakan mana MAT atau KIM? Kalau menurut gua, MAT lebih enak karena:

  1. Tidak sepadat kimia, baik waktu maupun materi (kimia ada praktik),
  2. Agak nyambung dengan jurusanku nantinya,
  3. Lebih ana sukai,
  4. Sekelas sama Ziko,
  5. Enak (≠ mudah).

Setelah periode matrikulasi, yaitu setelah UAS berakhir, akan ada Ospek bareng anak-anak SENAM-PTN. Kabarnya tidak ada libur. Jadi, saya tidak bisa memastikan apakah gua bisa pulang kampung atau tidak.

Terakhir, semoga ana bisa menyelesaikan matrikulasi ini dengan hasil akhir yang cukup untuk melanjutkan ke kuliah reguler (habis matrikulasi). Ayo hadapi UAS dengan husnudzan lillahi ta’ala