Kunci pengaman laptop

Agar notebook/laptop aman (tidak mudah dicuri), ada sebuah kunci pengaman khusus untuk laptop. Cobalah perhatikan sekeliling casing laptop Anda, terutama pada bagian belakang. Biasanya pada laptop zaman sekarang sudah terdapat tempat khusus untuk mengunci laptop. Cobalah cari sebuah lubang kecil “misterius” yang berlogo gembok dengan tulisan “K”.

Kunci pengaman laptop

Mungkin Anda tidak sadar, untuk apa lubang kecil itu. Itulah yang dinamakan Kensington Security Slot atau biasa disebut K-Slot. Pada lubang itulah ditancapkan kabel/rantai pengaman untuk mengikat laptop pada suatu benda. Kira-kira seperti ini kabel pengaman tersebut:

Kunci pengaman laptop

Panjang kabel pengaman dan kualitas kuncinya tentu sebanding dengan harganya. Punya saya (gambar di atas) dibeli dengan harga 50 ribu rupiah (termasuk murahan :). Ada juga yang memiliki harga ratusan ribu. Selain yang menggunakan kunci, ada juga yang menggunakan kode angka untuk membukanya.

Kabel pengaman ini memiliki dua ujung. Ujung yang satu, yaitu ujung yang memiliki lubang kunci, adalah ujung yang ditancapkan ke lubang K-Slot pada laptop. Seperti ini wujudnya setelah ditancapkan dan dikunci:

Kunci pengaman laptop

Sedangkan ujung yang satu lagi berupa loop (seperti tali laso) yang ditautkan/diikatkan ke suatu benda yang berat atau tidak bergerak agar laptop tidak mudah diambil (karena terikat pada benda tersebut). Seperti ini contoh penggunaannya:

DSC00453
Diikat pada kaki meja
DSC00456
Diikat pada ranjang
DSC00460
Diikat pada teralis
DSC00458
Diikat pada motor :)
DSC00457
Diikat pada pemberat yang terbuat dari beton…
DSC00459
Atau diikat pada kaki Anda :D

Baiklah, lupakan yang terakhir.

Lalu, apakah kunci pengaman ini benar-benar menjamin keamanan si laptop dari para maling? Jawabannya tentu saja tidak. Para maling biasanya selangkah lebih cerdik. Kalau sang maling memang benar-benar berniat mencuri laptop, tentu dia sudah mempersiapkan diri dengan peralatan, misalnya gergaji besi untuk memotong kabel pengaman ini. Atau kalau sang maling benar-benar nekat, dia akan mencuri sekalian benda yang Anda ikat dengan kabel tersebut :)

Namun, paling tidak, dengan adanya kunci pengaman ini akan mengurangi kesempatan sang calon maling untuk mengambil kepunyaan kita. Manusia hanya bisa berusaha. Allah ‘azza wa jalla lah yang menentukan. Juga ingat,

Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan.

Waspadalah, waspadalah.

About these ads